Hadiri Syukuran Kapal Nelayan, Bhabinkamtibmas Pulau Panggang Pimpin Doa Selamatan

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0

Polreskepulauanseribu.com - Selasa, (07/08) Acara syukuran yang diselenggarakan oleh bapak Hasyim yang merupakan pemilik kapal di pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara dilakukan di atas dek kapal dan diselenggarakan secara sederhana namun memiliki ciri khas budaya setempat.

Masyarakat nelayan Kepulauan Seribu dalam hal ini di pulau Panggang memiliki tradisi syukuran atau selamatan, ini dilakukan ketika kapal telah selesai dibuat dan siap digunakan. Menurut kepercayaan warga masyarakat setempat, tujuannya agar kapal tersebut membawa berkah bagi pemiliknya. 


Syukuran di dek kapal merupakan tradisi masyarakat Kepulauan Seribu untuk meminta kepada ALLAH SWT agar selalu diberikan perlindungannya dan diperlancar rezekinya. Dalam kegiatan syukuran tersebut, Bhabikamtibmas pulau Panggang Polsek Kepulauan Seribu Utara yang juga diundang oleh pemilik kapal menyampaikan pesan - pesan kamtibmas khusunya terkait dengan pelayaran.

"Saya ucapkan selamat kepada pak Hasyim yang hari ini kita lakukan selamatan bersama atas selesainya pembuatan kapalnya. Saya berpesan agar kapal tersebut segera dilengkapi dengan alat keselamatan pelayaran seperti life jacket dan lain sebagainya, tidak lupa juga agar mengurus administrasi pelayarannya seperti surat Pas kapal. Yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan faktor cuaca sebelum melaksanakan kegiatan berlayar" ujar Bhabinkamtibmas pulau Panggang, Polsek Kepulauan Seribu Utara.

(Humas Res KS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)