Iptu Isbiyanto PAM Giat Haul Tahunan Memperingati Wafatnya Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al Aidid Yang Ke 127

dhidie27
0


polreskepulauanseribu.com - Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu Iptu Isbiyanto bersama anggotanya PAM giat haul tahunan memperingati wafatnya Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al Aidid yang ke 127 yang diselenggarakan oleh Yayasan Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al-Aidid di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Minggu (13/08).

Peringatan wafatnya Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al Aidid merupakan giat yang rutin dilakukan setiap setahun sekali di Pulau Panggang dan jatuh tepat pada hari Minggu. Haul tersebut ditujukan untuk mengenang wafatnya Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al – Aidid yang dimakamkan di Pulau Panggang serta mengadakan pengajian dan doa bersama.


Habib Ali Bin Ahmad Bin Zen Al-Aidid yang dikenal sebagai Wali keramat Pulau Panggang merupakan ulama dan mubaligh asal Hadramaut yang pertama kali menyebarkan Islam di Pulang Panggang dan sekitarnya. Pada abad ke-18 ia bertandang ke Jawa untuk berda’wah bersama dengan empat kawannya :

1. Al-Habib Abdullah bin Muchsin Al-athas, Kramat Empang Bogor.
2. Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdor, Bondowoso, Surabaya.
3. Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi, Ampel, Surabaya.
4. Al-Habib Salim Al-Athas, Malaysia.

Al-Maghfurlah Habib Ali ke Batavia, sementara keempat kawannya masing-masing menyebar ke kota-kota dan negeri diatas. Al-Maghfurlah berda’wah dari Pulau Seribu sampai dengan Wilayah Pulau Sumatera yaitu Palembang.


Almarhum merupakan sosok yang sangat sederhana, cinta kebersamaan, mencintai fakir miskin dan anak yatim. Bisa dimaklumi jika da’wahnya mudah diterima oleh warga Pulau Panggang dan sekitarnya. Ia mengajar dan berda’wah sampai kepelosok pulau. Bahkan sampai ke Palembang, Singapura dan Malaka.

“Sebanyak ribuan jamaah Al – Habib Bin Ahmad Bin Zen Al Aidid datang dari segala penjuru untuk memperingati haulnya yang diadakan setiap setahun sekali di Pulau Panggang. Kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan Al-Qur’an, Sholawat Nabi, tausiah oleh Habib Hasan Al- Jupri dan lain-lain.” Kata Iptu Isbiyanto menjelaskan.





(Humas KSU)



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)