Unik Anggota Bhabinkamtibmas Pulau Seribu Syukuran Diatas Kapal Laut

dhidie27
0
 


polreskepulauanseribu.com – Syukuran atau selamatan merupakan tradisi umat Islam masyarakat Indonesia dalam merayakan atau berucap syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan rezeki yang telah diterima.

Ucapan syukur tersebut diwujudkan melalui acara yang diadakan dengan mengundang warga sekitar untuk datang dan berdoa bersama.

Sama halnya dengan masyarakat di wilayah Kepulauan Seribu, mereka juga sering mengadakan acara selamatan atau syukuran dengan mengundang warga sekitar.

Uniknya mereka mengadakan syukuran tersebut diatas kapal laut.


“Sudah tradisi warga Kepulauan Seribu mengadakan selamatan diatas kapal laut. Hal itu dilakukan sebagai wujud syukur atas selesainya pengerjaan kapal.” Kata Bripka Sidik anggota Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Polsek Kepulauan Seribu, Polres Kepulauan  Seribu saat menghadiri syukuran kapal di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kamis (20/12).

Syukuran yang digelar sederhana tersebut berlangsung dengan khidmat dan diisi dengan doa – doa. Adapun doa yang dipanjatkan merupakan doa mengharapkan rezeki dan keselamatan kepada Allah SWT. Walaupun disuguhkan dengan sajian sederhana namun warga sangat senang sekali diundang disetiap acara syukuran.

Syukuran diatas kapal merupakan tradisi turun temurun warga Kepulauan Seribu karena telah berhasil menyelesaikan pembuatan kapal. Mereka berdoa kepada Allah SWT agar kapal tersebut membawa rezeki yang baik kepada mereka serta selalu diberikan keselamatan dalam operasionalnya.







(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)