Pawai Kapal Laut Meriahkan Acara Pesta Laut Di Pulau Sebira

dhidie27
0


 


polreskepulauanseribu.com - Pesta laut merupakan tradisi masyarakat pesisir pantai dalam mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT. Mereka bersyukur atas rahmat dan limpahan rezeki yang diberikan oleh - Nya berupa hasil laut yang melimpah.

Begitupula dengan masyarakat di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Mereka mengadakan pesta laut atau syukuran laut dan bumi sebagai ungkapan rasa terima kasih mereka kepada Allah SWT.

“Dalam pesta laut ini penduduk mengadakan berbagai acara yang meriah seperti pawai, doa bersama dan acara tradisional lainnya. Itu semua mereka adakan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT melalui hasil laut,” kata Iptu Ferry Budiharso Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu saat menghadiri acara Pesta Laut Di Pulau Sebira, Selasa (29/10/2019).


Puluhan kapal dihias dengan pernak – pernik warna meriahkan acara pesta laut ini.

Berduyun – duyun mereka dilepas dari dermaga menuju ke laut lepas membentuk pawai yang menghiasi lautan dengan hiasan warna – warna yang cerah.

“Warna – warnanya cerah seperti pelangi, itu symbol dari harapan warga kepada Allah SWT agar selalu diberikan cuaca yang cerah serta keselamatan kepada nelayan yang mencari ikan dilaut,” jelasnya.


Selain pawai kapal laut ada juga tarian tradisional yang dibawakan oleh anak – anak dari sekolah dasar dan Paud di Pulau Sebira. Kemudian acara diakhiri dengan doa bersama meminta kepada Allah untuk diberikan keselamatan, berkah dan hasil laut yang melimpah.

Iptu Ferry menambahkan bahwa polisi juga akan melakukan pelayanan perlindungan kepada nelayan Pulau Sebira agar meraka merasa aman dan nyaman dalam mencari ikan di perairan Kepulauan Seribu Utara ini.


“Meski Pulau Sebira itu merupakan pulau yang paling jauh letaknya dari pulau – pulau lain di wilayah Kepulauan Seribu namun tidak menghentikan kami, polisi dalam menegakkan hukum dan memberikan perlindungan ke masyarakat,” tegasnya.














(Humas KSU)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)