Polres Kepulauan Seribu Gelar sosialisasi Penyakit Jantung Koroner

Polres Kepulauan Seribu
0

Polreskepualauanseribu.com - Urkes Bag Sumda Polres Kepulauan Seribu dipimpin Kabag Sumda Polres Kepulauan Seribu Kompol Sumini mengadakan Sosialisasi Penyakit Jantung Koroner yang disampaikan oleh dr. Regina Lestari Sp.PD dan Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) oleh dr. Gian Oktavianus keduanya dari RS Hermina Sunter Podomoro di Aula Serba Guna Restoran Mang Engking Ancol. Kamis (31/10). 

Acara di buka oleh Wakapolres Kepulauan Seribu Kompol Asep Alhuda, ST didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu Ny Ike Asep Alhuda dan Manager Pelayanan Rumah Sakit Hermina Podomoro dan di hadiri seluruh anggota Polres dan Polsek Jajaran berikut Pengurus Cabang Bhayangkari Kepulauan Seribu.


"Mohon maaf, saya sampaikan dengan rasa hormat bahwa tadi pagi saya diperintahkan bapak Kapolres yang seyogyanya beliau sangat ingin membuka kegiatan ini beserta ibu ketua, namun karena beliau ada tugas di Polda yg tidak bisa diwakilkan dan ibu Ketua juga ada kegiatan sehingga memandatkan kami untuk membuka kegiatan ini," ujar wakapolres saat membuka acara sosialisasi.

Wakapolres menambahkan, Kepada rekan2 silahkan simak dan pahami sosialisasi yg diberikan oleh dokter agar kita senantiasa sehat dalam melaksanakan tugas.


Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung merupakan pemompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh oleh karena itu jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

dr. Regina Lestari Sp.PD menjelaskan, bahwa Penyakit jantung koroner adalah Penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat kerusakan lapisan dinding pembuluh yang diikuti oleh penebalan dan kekakuan pembuluh tersebut (aterosklerosis). Beberapa Faktor resiko penyakit Jantung Koroner adalah sebagai berikut yakni Merokok, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Diet, Tinggi Lemak Jenuh dan Kolesterol, Peningkatan Kadar Kolesterol Total dan LDL, Kadar Kolesterol HDL Rendah, Obesitas dan Kurang Aktivitas Fisik.


Apabila Terjadi Serangan Jantung Pastikan keluhan yang dirasakan, baringkan penderita, panggil dokter / langsung di bawa ke RS. Aspirin dapat diberikan untuk dikunyah, bila penderita tidak sadarkan diri segera lakukan resusitasi jantung paru dengan melakukan bantuan hidup dasar. Salah satu upaya pencegahan adalah Pola makan yang baik, gunakan aneka ragam bahan makanan dengan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Batasi penggunaan garam dapur, anjuran maksimum sebanyak 5 gram per hari (WHO). Garam Natrium yang ditambahkan ke dalam makanan dapat berupa ikatan natrium chlorida atau garam dapur, vetsin atau monosodium glutamat, soda kue, natrium benzoat dan nitrit/ senyawa yang digunakan untuk mengawetkan daging. Hindari Stres, selalu berdoa, berserah diri kepada Allah SWT, Jangan “ngoyo”, jangan terburu-buru, harus punya hobby, dll adalah kunci menghindari penyakit jantung koroner.

Kegiatan diakhiri dengan pemeriksaan kolesterol dalam darah oleh Urkes Bag Sumda Polres Kepulauan Seribu.

(Humas Res KS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)