Polri Ikut Andil Dalam Upaya Pelestarikan Ekosistem Laut Kepulauan Seribu

Ryan
0

polreskepulauanseribu.com - Terumbu karang secara ekologi merupakan sebuah ekosistem yang secara langsung menjadi penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, tempat mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut.

Salah satu upaya menciptakan terumbu karang adalah dengan menenggelamkan kapal-kapal yang sudah tidak terpakai ke dasar laut. Bangkai kapal yang tenggelam di dasar laut akan menjadi spot pertumbuhan terumbu karang yang akan terbentuk secara alami yang akan memiliki banyak manfaat bagi biota laut.

Inilah yang diharapkan oleh Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Iptu Fery Budiharso, S.E. bersama Lurah Pulau Panggang Bapak Pepen Kusnandi yang melaksanakan penenggelaman kapal-kapal yang sudah tidak rusak atau tidak terpakai ke dasar laut wilayah perairan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara utamanya di sekitaran Pulau Pramuka, Minggu, (08/12/2019).


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasat Pol PP Kepulauan Seribu Bapak Rahmat Ependi Lubis, Kasiops Pol PP Kepualauan Seribu Bapak Sugiri, serta warga Pulau Pramuka selaku pemilik kapal-kapal yang akan ditenggelamkan dengan tujuan dijadikan objek pertumbuhan terumbu karang.

Kapolsek mengatakan, kegiatan ini mempunyai tujuan yang sangat mulia bagi keberlangsungan serta kelestarian ekosistem laut yang ada di wilayah Pulau Pramuka. Ia menambahkan, dengan adanya terumbu karang, ikan-ikan maupun hewan laut lainnya dapat memanfaatkan terumbu karang sebagai tempat hidup,  mencari makan, dan berkembang biak.

Selanjutnya Iptu Fery berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi kelestarian ekosistem laut serta dapat mempermudah nelayan untuk mendulang hasil laut yang tersedia di perairan Kepulauan Seribu.


"Kami tenggelamkan kapal-kapal yang tak terpakai ke dasar laut dengan harapan dapat menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang secara alami", jelas Kapolsek.

"Kegiatan ini sangat mulia, karena dengan adanya terumbu karang maka akan melestarikan ekosistem laut yang ada di Kepulauan Seribu dan di perairan sekitar Pulau Pramuka sendiri", tambahnya.

"Lestarinya ekosistem laut akan mempermudah nelayan kita dalam mendapatkan ikan dan Insya Allah akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi para nelayan Kepulauan Seribu", pungkas Iptu Fery.

(Humas Polres Kep. Seribu)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)