Kompak Tiga Pilar Bersinergi Bersihkan Satu Pulau

dhidie27
0



polreskepulauanseribu.com – Kerja bakti merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia namun bagaimana jika kerja bakti membersihkan satu pulau?

Itulah yang dilakukan oleh tiga pilar Kepulauan Seribu Utara yang bersinergi membersihkan satu pulau yang luasnya mencapai 6 hektar. Pulau tersebut merupakan Pulau Karya, sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Kepulauan Seribu.

Pulau Karya bukanlah pulau berpenduduk seperti pulau penduduk lainnya. Namun pulau ini juga berpenghuni.


Pulau ini dihuni oleh anggota kedinasan seperti Polri, TNI, Damkar dan juga pegawai kepemerintahan. Oleh sebab itu kebersihan pulau ini merupakan tanggung jawab bersama.
Dalam giat kerja bakti bersih pulau ini tiga pilar bahu membahu membersihkan sampah – sampah plastik yang banyak sekali terhampar disepanjang pulau. Mereka juga menyingkirkan ranting – ranting pohon yang jatuh dan mengotori lautan.

Kata Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fery Budiharso, SE sampah plastik merupakan sasaran utama dalam giat kerja bakti ini.


“Sampah plastik merupakan musuh terbesar lingkungan. Karena plastik itu susah terurai oleh tanah dan juga berbahaya bagi ekosistem di laut. Banyak sampah plastik yang ditemukan dalam sistem pencernaan hewan laut sehingga banyak dari mereka yang mati,” jelasnya.
Menurutnya sampah plastik juga merupakan penyebab utama terjadinya banjir. Karena sampah plastik dapat menghambat saluran air dan menyebabkan aliran air tidak mengalir dengan baik.

Sampah plastik juga bisa menjadi sarang nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit malaria.

“Marilah mulai dari sekarang kita kurangi penggunaan plastik dan jangan membuang sampah plastik kelaut atau ke sungai, buanglah pada tempat pembuangan sampah yang tersedia,”ucap AKP Fery.













(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)