Polres Kepulauan Seribu Hadiri Gelaran Simulasi Protokol Kesehatan Wisata Kepulauan Seribu

HERMAWAN RAFLI
0

polreskepulauanseribu.com - Marina Taman Impian Jaya Ancol, PT Sea Leader Marine menggelar simulasi protokol kesehatan sektor pariwisata di Dermaga 17 Marina Ancol. Sabtu (13/06/2020)

Simulasi itu guna persiapan pembukaan wisata dalam penerapan new normal, simulasi yang berlangsung sekitar dua jam itu diikuti langsung oleh Manajement PT Sea Leader Marine, Asisten Bupati Kepulauan Seribu Bidang Ekonomi Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Suku Dinas Kesehata Kepulauan Seribu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Seribu, Kepala Bagian Operasional Polres Kepulauan Seribu, Satpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu dan Kepala Bagian Personalia dan Keuangan Marina Ancol tersebut berjalan lancar.

Simulasi dimulai dari penyemprotan disinfektan pada transportasi pengunjung, pakai masker, pengukuran suhu badan wisatawan, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, kemudian wisatawan masuk ke ruang tunggu tiketing, menunggu panggilan naik kapal dengan jaga jarak, menunggu di dermaga untuk naik kapal dan dicek kembali suhu badan lalu menaiki kapal serta posisi duduk didalam kapal dengan jaga jarak.


Jaga jarak jadi peraturan yang banyak diterapkan, termasuk di loket dan pintu masuk ke kapal. Pemeriksaan suhu badan, dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan barang-barang bawaan. Ketika ada pengunjung yang suhu badannya mencapai 37° derajat celcius maka pengunjung tidak dipersilakan masuk ke ruang tunggu tiketing.

Selain itu, pengelola juga menempatkan petugas Polri, TNI dan Satpol PP di sejumlah titik untuk mengingatkan wisatawan terhadap penerapan protokol kesehatan secara humanis.

"Terpenting adalah menyiapkan protokol kesehatan aman bagi wisatawan dan tidak ada potensi penularan Covid-19 sebelum akhirnya benar-benar dibuka," tutur Puji Astuti Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu.


"Kami sebagai institusi yang ditugaskan mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan ikut serta dalam simulasi ini, langkah edukasi dan humanislah yang akan kami kedepankan agar masyarakat disiplin sehingga tujuan masyarakat produktif aman Covid-19 bisa tercapai" terang Kepala Bagian Operasional Polres Kepulauan Seribu AKP Zaroki Saputra, S.H., saat ditemui.

"Dalam simulasi, dipraktekkan penerapan protokol kesehatan sejak wisatawan turun dari kendaraan sampai dengan menaiki kapal. Jadi dalam simulasi ini kami siapkan layanan dan fasilitas terkait protokol kesehatan maka kami undang instansi terkait untuk mengevakuasi" jelas Hendra Ginting Manajement PT Sea Leader Marine.

(Humas Res Kep Seribu)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)