Pelayanan terpadu Pemda Kep Seribu dengan Polres Kep Seribu ke Pulau Sabira (pulau terjauh di kepulauan seribu) DKI Jakarta

Polres Kepulauan Seribu
0
Kepulauan Seribu - Pelayanaan terpadu yang dilaksanakan Pemda Kepulauan Seribu dengan Polres Kep Seribu merupakan pelayanan jemput bola ke masyarakat dengan DDS (Door to Door system).

Mengingat faktor geografis dari satu pulau ke pulau lain sangat jauh, transportasi yang digunakan adalah kapal yang banyak membutuhkan bahan bakar minyak, dan kebanyakan pekerjaan masyarakat adalah nelayan ikan, sehingga mereka tidak punya waktu untuk ke Pemda yang berada di pulau pramuka ataupun ke Polres yang berada di pulau karya. selain itu masyarakat butuh cost yg cukup tinggi untuk ke Pemda maupun ke Polres, sehingga tidak sebanding dengan apa yang akan diurus.

Berdasarkan fakta tersebut maka Pemda dan Polres bekerjasama untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pulau di kepulauan seribu dengan langkah langkah :

Pemda telah menyiapkan sarana kapal pelayanan terpadu lengkap dengan sarana komputer dan Polres juga menyiapkan sarana piranti lunak dan keras serta personil yang mengawaki untuk pelayanan tersebut (sejalan dengan kebijakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs.Putut Bayu Seno, SH tentang Program Door to Door system kepada masyarakat).

Adapun Pelayanan terpadu tersebut melayani pelayanan pembuatan KTP, Surat Nikah,Akte Kelahiran, Kartu Kuning, Surat Kapal ( dari Pemda ,Dinas Dukcapil, Dinas Kelautan ,Dinas Kesehatan, Dinas Pertanahan, Dinas Tenaga Kerja, Kecamatan, dan Kelurahan) kemudian dari Polres pelayanan SKCK dan Laporan Kehilangan ( Pelayanan Intelkam, SPKT, Polsek dan Subsektor)

Pelayanan terpadu tersebut dilaksanakan pada hari rabu dan kamis tgl 23-24 oktober 2013 kemarin, Pelayanan terpadu ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pulau di kepulauan seribu dan sangat terbantu sekali . Mereka tidak perlu repot repot lagi ke Pemda atau ke Polres dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena pelaksanaan pelayanan terpadu gratis kecuali yang sudah ditentukan oleh PP no. 50 thn 2010 ttg PNBP Pembuatan SKCK.

Jadwal pelayanan terpadu dilaksanakan setiap minggu dengan jadwal hari selasa dan setiap pulau bergantian setiap minggunya, sehingga tidak ada pulau berpenduduk di wilayah Kepulauan Seribu yang tidak tersentuh oleh pelayanan terpadu yang diadakan Pemda dan Polres Kepulauan Seribu.

Manfaat Disamping melakukan pelayanan terpadu antar pulau di kepulauan seribu ,aparat dapat juga meyerap aspirasi, keinginan ,keluhan, informasi dan lain lain dari masyarakat sehingga aparat tahu apa yang dibutuhkan masyarakat  terhadap pelayanan Pemda maupun Polri dalam hal ini Polres Kepulauan Seribu.
Manfaat pelayanan terpadu dirasa penting oleh masyarakat khususnya di Kepulauan Seribu yang berdomisili di Pulau-Pulau, berbeda dengan masyarakat DKI Jakarta yang berdomisili di darat.Namun Pemda dan Polres Kepulauan seribu akan memberikan Pelayanan yang maksimal sehingga tidak ada masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan dari Pemda maupun dari Polres.


Jarak tempuh dari pantai marina ancol ke pulau sebira menggunakan kapal fery (kapal cepat) memakan waktu 4 jam, bila menggunakan kapal kayu memakan waktu 8 jam.

Dalam kegiatan pelayanan terpadu tersebut Pemda dan Polres memberikan bantuan kepada masyarakat berupa life jacket sebanyak 50 buah, bantuan KJS(kartu jakarta sehat), bantuan uang untuk operasional mesjid nurul bahri.
Bantuan life jacket merupakan bantuan dari CSR Pt. CNOOC,ses ltd (perusahaan pengeboran minyak lepas pantai yang ada di kepulauan seribu) yang dititipkan melalui Sudin Kelautan Pemda kepulauan Seribu.

Dibawah ini kami sharing Dokumentasi kegiatan pelayanan terpadu di pulau terjauh di kep seribu yaitu pulau sebira, yang sudah berbatasan dengan propinsi lampung dan bangka belitung.



Rombongan Bupati dan rombongan Kapolres Kep Seribu tiba di dermaga pulau sebira kelurahaan pulau harapan. (kurang lebih 3-4 jam perjalanan menggunakan kapal cepat, tergantung cuaca)

Rombongan Bupati dan Kapolres Kep Seribu disambut dengan antusias oleh masyarakat pulau sebira ( sesuai data pulau sebira terdiri dari 1 RW dan 4 RT, dgn jumlah 126 KK dan kurang lebih 500 jiwa penduduk )

Persiapan pertemuan muspida dengan masyarakat di mesjid nurul bahri (cahaya laut) Konon katanya kalau sudah sampai pulau sebira banyak dapat berkat dan bisa dapat pangkat bintang (seperti Brigjen Pol Boy Rafli ,Kapolres pertama di Polres Kep Seribu) karena dapat anugerah dari masjid cahaya laut.

sambutan Kapolres Kep Seribu AKBP Johanson Ronald Simamora, SH, Sik di Masjid Nurul Bahari (Cahaya Laut) Pulau Sabira

Foto bersama setelah selesai melaksanakan tatap muka



Kapolres Kep Seribu AKBP Johanson Ronald Simamora, SH, Sik mengecek tempat pelayanan terpadu di pulau sebira



Bupati kep seribu Drs. H. Asep Syarifuddin, M.Si. memberikan arahan ttg administrasi kependudukan kpd masyarakat 


Kapolres mengecek ke salah satu warga dan menanyakan berapa lama pembuatan laporan kehilangan ( "terima kasih pak Polisi, hanya 2 menit langsung jadi dan tidak dimintain duit, Pak Kapolres boleh tidak anggotanya saya kasih ikan asin hasil dari pulau sebira" , ujar warga tersebut). dengan senyum Kapolres menjawab "silakan ibu kalau tidak memberatkan ibu dan ikhlas".
Bupati Kep Seribu Drs. H. Asep Syarifuddin, M.Si. pada saat diwawancarai oleh salah satu media ibu kota

Kapolres Kep Seribu AKBP Johanson Ronald Simamora, SH, Sik pada saat diwawancara oleh Media Ibu Kota


Kapolres dan Bupati mendengar keluhan dari masyarakat, salah satunya adalah warga meminta untuk ditempatkan personil Polri dan dibuatkan Pos Polisi. Karena menurut keterangan banyak perompak yang datang dari luar menjarah hasil tangkapan ikan para nelayan. Kapolres menyanggupi dengan mengatakan,"segera direalisasikan bulan nopember ini ".

Bupati menyerahkan KJS (kartu jaminan sehat ) secara simbolis

Kapolres menyerahkan bantuan life jacket kepada para nelayan secara simbolis


Persiapan kembali dari pulau sebira kemudian lanjut menuju pulau pabelokan

Pulau pabelokan dimana terdapat pengeboran kilang minyak lepas pantai dengan kontraktor CNOOC ,ses,Ltd (kontrator dari negara China) terdapat 54 flatporm dan 450 sumur minyak di kawasan laut kep seribu

Paparan dari Pak Baroto yang mewakili CNOOC ,ses,ltd tentang operasional perusahaan dan sistem pengamanan selama ini

Pengecekan areal CNOOC di pulau pabelokan

Kapolres dan Bupati mendapat penjelasan dari karyawan CNOOC

Kapolres dengan antusias mendengar penjelasan dari karyawan CNOOC

 Kapolres dan Bupati mengelilingi seluruh areal dengan didampingi oleh karyawan CNOOc,ses,ltd


Terima kasih dan Sampai bertemu di perjalanan berikutnya.
Mohon maaf apabila ada kekurangan.











Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)