Sosialisasi Penanganan Kebakaran Di Pulau Panggang

dhidie27
0


polreskepulauanseribu.com – Bhabinkamtibmas Pulau Panggang, Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu, Bripka Suhendi menghadiri Sosialisasi Penanganan Kebakaran yang diadakan oleh Sudin Damkar Kepulauan Seribu Di Gedung Karang Taruna Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Selasa (10/04).

Sosialisasi tersebut bertajuk Dengan Sosialisasi Penanganan Kebakaran kita Ciptakan Masyarakat Yang Responsif Terhadap Ancaman Kebakaran . Diikuti oleh 40 orang dari warga Pulau Panggang serta tokoh agama dan juga tokoh masyarakat setempat.

Dalam sosialisasi tersebut masyarakat dijelaskan mengenai jenis kebakaran dan penyebabnya. Serta dijelaskan pula cara menanggulanginya.


Ada beberapa cara yang harus dilakukan jika masyarakat mendapati kebakaran yaitu :
  • Tetap tenang saat menghadapi kebakaran.
  • Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam kebakaran yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau jika tidak memiliki APAR, Anda juga bisa memadamkan api dengan menggunakan karung goni yang dibasahi air.
  • Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, segera matikan listrik di rumah.
  • Tutup ruangan lokasi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.
  • Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah.
  • Hindari menghirup asap yang tebal, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu Anda untuk bernafas.
  • Jika Anda melalui pintu yang tertutup, periksalah dengan seksama suhu daun pintu dengan menempelkan belakang telapak tangan Anda. Kemudian periksa handle pintu. Jika terasa panas pindah melalui jalur lain.
  • Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebakaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.
  • Segera hubungi pemadam kebakaran 113, jika api tidak dapat Anda kendalikan sendiri.


“Kebakaran bisa terjadi karena kelalaian manusia dan biasa terjadi dimana saja, saya himbau agar warga tetap waspada akan hal – hal yang dapat menyebabkan kebakaran. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat mencegah dan juga menangani kebakaran yang terjadi dengan baik.” Kata Bripka Suhendi.







(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)