Kapolsek Kep Sribu Utara Hadiri Syukuran Laut Sekaligus Berikan Pengamanan

Polres Kepulauan Seribu
0

Polreskepulauanseribu.com - Tradisi tahunan Syukuran Laut nelayan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu berlangsung sangat meriah pada Selasa (29/10). Pesta Laut ini digelar sebagai bentuk syukur penduduk Pulau Seribu dengan mengadakan syukuran di atas perahu nelayan.

Acara Syukuran Laut dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Seribu Drs. Junaedi, M.Si, Kapolsek Kepulauan Seribu Utara IPTU Ferry Budiharso, SE, Camat Kepulauan Seribu Utara Ismail, S.IP., M.Si, Lurah Pulau Harapan Adi Apandi, ST, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat 

Puncak acara Pesta Laut ditandai dengan pembacaan doa dipimpin oleh Ustadz Jaka Swara. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan madua sipulung, yaitu duduk bersama sambil menyantap hidangan.


"Tradisi ini adalah bentuk kebersamaan, tidak ada beda antara pejabat dengan masyarakat. Semua duduk sama rata, bersila, tidak ada bangku atau kursi. Semua menjadi setara dihadapan sang pencipta," kata Ketua RW 03 Bapak M. Ali Kurniawan

Usai bersantap bersama, dilanjutkan dengan aksi saling siram-menyiram air laut antar nelayan. Masyarakat antusias saling siram dengan menggunakan ember berisi air.

Selain di atas kapal nelayan, aksi siram menyiram air juga dilakukan di daratan. Warga yang berada di sekitar dermaga juga tak mau ketinggalan untuk menyiram siapa saja yang lewat di depan mereka, termasuk seluruh undangan yang hadir.

Kapolsek Kepualauan Seribu Utara IPTU Ferry Budiharso, SE mengatakan "Ini memang menjadi tradisi sejak nenek moyang warga Pulau Harapan, aksi siram menyiram ini sebagai tanda berbagi keceriaan setelah setahun penuh kita mendapatkan rezeki dari hasil melaut. Tidak ada rasa marah saat disiram air, tanda kita semua bersyukur," 


Apresiasi tinggi ditunjukkan kepada seluruh elemen masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang telah membuat kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan menjadi makna dari Pesta Laut itu sendiri yakni sebagai ungkapan syukur kepada Allah setelah selama satu tahun mengeruk hasil kekayaan laut berupa ikan," katanya.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyatakan, Pemkab Kepulauan Seribu melalui dinas Pariwisata sangat mendukung kegiatan di daerah yang telah ditetapkan menjadi destinasi 10 Bali baru ini. Dia berharap agar pada tahun-tahun mendatang event ini dikemas lebih baik lagi dengan menggelar sejumlah acara pendukung.

"Tetap dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat, Pemkab Kepulauan Seribu mendukung dan memberikan bantuan agar kegiatan berjalan lancar dan nuansanya tidak hilang," ujar Junaedi


Syukuran laut ini juga diisi dengan kegiatan parade kapal nelayan. Para nelayan telah menghiasi kapal menggunakan kertas warna dan memasang umbul-umbul dari kain panjang bercorak batik.

Selain itu, di kapal juga dihiasi berbagai makanan pokok nelayan yang dijadikan bekal saat menangkap ikan.

"Letusan petasan menandai bergeraknya puluhan perahu hias nelayan ini mengitari Pulau Harapan. Ini acara menarik dan harus dilestarikan," Kata Kapolsek Kepulauan Seribu Utara IPTU Ferry Budiharso usai menghadiri sekaligus melaksanakan pengamanan kegiatan Syukuran Laut


(Humas Res KS)



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)