FGD Polres Kepulauan Seribu Bertema Persiapan Protokol Covid-19 Dalam Masa New Normal Di Sektor Pariwisata

Arif
0



polreskepulauanseribu.com - Kepulauan Seribu, Polres Kepulauan Seribu menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan Penerapan Protokol Kesehatan di Sektor Pariwisata yang diadakan di Dermaga 22 Marina Ancol.

Wakapolres Kepulauan Seribu KP Asep Alhuda, S.T., didampingi Kasat Binmas saat membuka acara menyatakan, "bahwa kegiatan Forum Group Discussion ini merupakan kegiatan rutin di Polri khususnya Sat Binmas. Saat ini kita menghadapi pasca New Normal terkait Covid-19 yang akan diterapkan oleh pemerintah dalam waktu dekat dengan mengedepankan protokol kesehatan, kami atas nama Bapak Kapolres Kepulauan Seribu mengajak kepada rekan rekan pelaku usaha wisata dan pengguna jasa bahari untuk sama sama mentaati dan nantinya dilaksanakan dengan benar dan baik terkait SOP protokol kesehatan yang akan kita bahas dan kita sepakati bersama".

"Kami bersama pelaku wisata dan pengelola wisata resort membahas bagaimana SOP (Standar Operasional Prosedur) Protokol Kesehatan yang akan diterapkan di pulau pulau wisata yang ada di Kepulauan Seribu," ujar Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu AKP Juhri Mustofa saat ditemui. Kamis (18/06/2020).


"Jadi nanti di setiap pulau pulau wisata menyiapkan konsep protokol kesehatan sesuai aturan dan jika ditemukan ada wisatawan yang terindikasi terpapar Covid-19, petugas atau pihak tempat wisata mengerti bagaimana tindakan dan langkah awal menanganinya" tambah Zuhri

"Telah didapat kesepakatan dari acara Forum Group Discussion ini dan telah kami tandatangani bersama," pungkasnya

Forum Group Discussion menghasilkan kesepakatan dan ditandatangani oleh Ketua Asosiasi Pengelola Resort Kepulauan Seribu Sumargono dan Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu AKP Zuhri Mustofa, S.H., M.H. dengan isi sebagai berikut, Satu jam sebelum pemberangkatan kapal disemprot menggunakan cairan desinfektan, Wisatawan melakukan pengisian Quisioner yang disediakan oleh Resort dan Travel Agen, Petugas ticketing wajib memakai masker dan face shiel, Menyediakan Hand sanitizer, Wisatawan dan petugas wajib menggunakan masker, Barang bawaan wisatawan dilakukan penyemprotan cairan desinfektan, Melakukan pengecekan suhu tubuh kepada wisatawan sebelum masuk kapal, Pada saat menunggu pemberangkatan wisatawan melakukan Social Distancing minimal 1 Meter, Kapasitas Transportasi dan Cottage hanya 50% dari kapasitas sebenarnya, Resort wajib menyediakan alat cuci tangan dengan sabun, Karyawan resort (Front Office, Restaurant, Mini Shop dan Dive Shop) wajib menggunakan Face Shield, masker dan sarung tangan, Jaga jarak pada saat Breakfast, Lunch, Coffe break dan Dinner, Resort menyediakan masker, Resort menyediakan ruang khusus untuk wisatawan dengan suhu diatas 37.5 °C.


Acara Forum Group Discussion dihadiri Wakapolres Kepulauan Seribu KP Asep Alhuda, S.T., Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu AKP Zuhri Mustofa, S.H., M.H., Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan AKP Jupriono, S.H., M.M., Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fery Budiharso, S.E, dr. Andi Rismayanti, Masing masing Manager Pulau Resort 7 orang, Anggota Sat Binmas Polres Kepulauan Seribu dan Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu.

(Humas Res Kep Seribu)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)