Headlines News :
Home » , » Maksimalkan KTJ, Polres Kep Seribu Tekan Angka Kasus Covid-19

Maksimalkan KTJ, Polres Kep Seribu Tekan Angka Kasus Covid-19

Written By dhidie27 on Saturday, May 29, 2021 | Saturday, May 29, 2021


JAKARTA - Polres Kepulauan Seribu dan jajaran bersama Tim Kampung Tangguh Jaya di delapan Pulau Pemukiman terus berupaya mencegah penyebaran dan menekan angka Kasus aktif Covid-19 di Kepulauan Seribu.

Diketahui, Polres Kepulauan Seribu bersama tiga pilar dan elemen masyarakat lainnya telah membentuk delapan Kampung Tangguh Jaya di delapan pulau pemukiman diantaranya Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Pramuka yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Sementara di Kepulauan Seribu Sekarang berada di Pulau Tidung, Pulau Lancang, Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh aparat Polres Kepulauan Seribu dan jajaran bersama dengan Tim KTJ dan elemen masyarakat yang ada.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian mengatakan, dengan mengoptimalkan semua KTJ yang ada dan kerja keras semua pihak baik Pemda, Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, FKDM, Tim KTJ, Satgas Covid-19 dan Tenaga Kesehatan Puskesmas kita telah berhasil zero kasus secara total di Kabupaten Kepulauan Seribu tertanggal 16 Mei 2021, namun per tanggal 29 Mei 2021 kasus aktif meningkat menjadi 7 orang dan telah dilakukan upaya 3T dan 7 orang tersebut saat ini dirawat di RS Pertamina, RSUD Koja dan Wisma Atlit Kemayoran.

"Sebelum, sesaat dan sesudah pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya-2021 lalu (12-17 Mei 2021) serta hingga saat ini kami masih terus melakukan kegiatan pencegahan Covid-19, antara lain melakukan pengecekan surat negatif Covid-19 bagi wisatawan yang akan ke Pulau Seribu dari di beberapa titik keberangkatan (Marina Ancol, Kaliadem Muara Angke, Tanjung Pasir dan Pelabuhan Rawa Saban Tanggerang Banten) oleh Personel Polres bersama Instansi setempat dan melakukan kegiatan Swab Antigen Gratis kepada warga pulau yang baru tiba di Dermaga- dermaga Kedatangan di delapan pulau pemukiman, oleh Tim KTJ Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Tiga Pilar," tutur Eko Wahyu. Sabtu (29/5).

Eko Wahyu menambahkan, selain kegiatan pencegahan dimaksud pihaknya juga melakukan penguatan 8 KTJ di wilayahnya untuk terus berupaya melakukan kegiatan pencegahan.

Upaya yang sudah dan terus dilakukan Polres Kepulauan Seribu bersama 8 KTJ dalam mencegah penyebaran dan menekan kasus Covid-19 antara lain saat ditemukan kasus positif segera dilakukan pengecekan terkait kluster apa, selanjutnya dilaksanakan tracing dan testing oleh Tim Gabungan Puskesmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP dan Staf Kelurahan.

Dimana terhadap pasien OTG dilakukan isolasi mandiri dan pasien dengan gejala sedang hingga berat dilakukan evakuasi ke RS, kemudian melakukan treatment kepada pasien OTG dengan cara mengirim vitamin, obat-obatan, Sembako dan masker medis dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, babinsa, Satpol PP, dan Staf Kelurahan.

Melakukan komunikasi terhadap pasien Covid untuk mengecek kondisi kesehatan dan memberikan empati dalam bentuk semangat agar cepat sembuh dan melakukan cek terhadap pasien yang teridentifikasi sembuh untuk dilakukan update data baik melalui cek manual tanggal Swab pertama/kedua maupun yang sudah lebih dari 10 hari isolasi mandiri bagi pasien OTG.

Melakukan testing (Swab Antigen) terhadap seluruh warga yang baru tiba di Dermaga Kedatangan di 8 pulau pemukiman, apabila ditemukan reaktif diarahkan untuk melakukan Swab PCR dan melakukan isolasi mandiri selama menunggu hasil.

Melakukan pembagian masker medis secara gratis kepada warga dan melakukan operasi yustisi gabungan.

Melakukan evaluasi secara rutin terhadap perkembangan kasus aktif Covid-19 harian.

"Kegiatan ini kami lakukan dan kita evaluasi setiap hari untuk mengetahui perkembangan dan cara mengatasinya sehingga wilayah Kepulauan Seribu bisa zero kasus, tambahnya.

Tercatat, selama liburan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah (6-17 Mei) sejumlah 9.272 wisatawan telah mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu dimana rata-rata kunjungan 773 wisatawan perhari mendatangi Kepulauan Seribu untuk berwisata dan berlibur.

Terdata, kasus aktif Covid-19 di wilayah Kepulauan Seribu pertanggal 29 Mei 2021 sejumlah 7 orang dan saat ini dirawat Di RS Pertamina, RSUD Koja dan Wisma Atlet Kemayoran.

"Dengan upaya maksimal dan kerja keras semua pihak alhamdulillah kasus aktif di Kepulauan Seribu masih dalam tahap terkendali," pungkas Eko Wahyu.



(Humas Res Kep Seribu)

Share this post :

Post a Comment

 
POLRES KEPULAUAN SERIBU
Kantor : Gedung Marina Ancol Jakarta Utara
Kantor 2 : Pulau Karya Kab Adm Kepulauan Seribu
Kantor 3 : Jalan Baru No 11 Cilincing Jakarta Utara
Copyright © 2013 - 2017. Polres Kepulauan Seribu - All Rights Reserved