Peran USG (Ultrasonografi) Perut dalam Mendeteksi Invaginasi Usus pada Bayi

Polres Kepulauan Seribu
0

 

Oleh : dr. Isti Iryan Prianti

  Paurkes Bag Sumda Polres Kepulauan Seribu  

Invaginasi usus adalah suatu penyakit ditandai dengan masuknya satu segmen usus kedalam usus lainnya dan merupakan kasus kegawatdaruratan akut pada bayi karena dapat menyebabkan obstruksi usus (keadaan yang makin memburuk). Invaginasi usus sering ditemukan pada bayi dan biasanya bersifat idiopatik karena tidak diketahui penyebabnya. Kebanyakan pada kelompok umur 2-12 bulan.

Gejala invaginasi usus yang timbul pada bayi dapat berupa muntah, nyeri perut, perut kembung sampai BAB berdarah seperti jelly. Tanda pasti pada pemeriksaan fisik didapatkan teraba benjolan di perut yang selanjutnya dikonfimasi melalui pemeriksaan radiologi salah satunya dengan pemeriksaan USG perut. USG atau ultrasonografi adalah suatu imaging diagnostic yang menggunakan gelombang ultrasound dimana dapat diketahui bentuk, ukuran serta hubungan dengan jaringan sekitarnya.

Pemeriksaan USG dianggap paling aman dan relatif cukup mudah dilakukan pada bayi dibandingkan dengan pemeriksaan rontgen perut. Pada bayi yang dicurigai dengan invaginasi usus pada pemeriksaan USG perut didapatkan gambaran seperti kue donat atau doughnut’s sign. Walaupun penilaian ultrasonografi bersifat subjektif, tetapi sensivitas dan spesifitasnya hampir 100% ditangan dokter yang berpengalaman. Sehingga USG perut dianggap sangat berguna dalam membantu diagnosis invaginasi usus pada bayi. Perkiraan dari kemungkinan hasil akhir suatu penyakit invaginasi usus tergantung dari cepat atau tidaknya penanganan yang diberikan.

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)