Dapatkan Predikat Ketiga Terbaik Terhadap Nilai Kinerja Anggaran Tahun 2022, Polri Terus Tingkatkan Kualitas

Polres Kepulauan Seribu
0

 


Kementerian Keuangan memberikan penghargaan atas peringkat ketiga nilai anggaran anggaran 2022 untuk kategori K/L dengan pagu besar yang diraih Polri. Penghargaan tersebut diberikan Ibu Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan kepada Bapak Wakapolri Komjen. Pol. Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si. yang bertempat di Ballroom Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan.


Kadivhumas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menjelaskan, penghargaan peringkat ketiga yang diberikan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Polri. Menurutnya, Polri mendapatkan hal itu karena selalu melakukan Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dengan kinerja anggaran berdasarkan beberapa komponen seperti aspek konteks, aspek manfaat dan aspek implementasi.


“Polri juga selalu melakukan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) dengan menilai kinerja kinerja kinerja satker melalui capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), dan untuk menjamin pelaksanaan APBN secara efektif, efisien, dan taat pada peraturan pelaksanaan anggaran yang ada, serta dicapai antara perencanaan dan realisasi berdasarkan beberapa komponen seperti kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran,” jelas Kadivhumas, Selasa (23/5/23).


Lebih jauh dijelaskan, Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Polri 2018-2022 dengan rata-rata sebesar 90,64. NKA terendah 75,90 pada TA 2018 dan NKA tertinggi sebesar 97,02 pada TA 2022.


Meski telah meraih predikat terbaik ketiga, Polri tak akan berpuas diri. Kadivhumas menegaskan, Polri terus berkomitmen memperbaiki, bahkan Asrena Kapolri telah mengeluarkan surat perihal arahan langkah-langkah pelaksanaan kinerja anggaran Polri tahun 2023 untuk menjadi lebih baik lagi ke depan.


“Diharapkan, baik dari pengelolaan anggaran dan pelaksanaan anggaran, dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap Kadivhumas.


Dengan demikian, ujar Kadivhumas, kinerja anggaran akan meningkat dan tidak ada keterlambatan maupun kondisi force majeur yang menjadi penghambat untuk meningkatkan output yang sudah menjadi target. Selain itu, diharapkan dapat menciptakan outcome yang dicapai dan dapat dirasakan/nikmati bagi semuanya, khususnya personel Polri sendiri maupun masyarakat pada umumnya.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)