Budi Kena Pasal Berlapis, Curi Uang Rp 1,6 M dan Bawa 5 Butir Peluru Tajam

Polres Kepulauan Seribu
0

polreskepulauanseribu - Budi Wijaya, karyawan perusahaan penyedia jasa keamanan dari PT SGI yang mencuri uang Rp 1,6 miliar dimana seharusnya uang itu didistribusikan PT Kejar ke beberapa ATM di wilayah Bekasi, dikenakan pasal berlapis.

Selain dikenakan Pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan, ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. Polisi juga menjerat Budi dengan UU Darurat no 12 tahun 1951 dengan ancaman diatas 5 tahun penjara.
"Tersangka BW (Budi) dia saat beraksi membawa airsoftgun yang telah dimodifikasi. Selain itu dia bawa peluru tajam 5 butir kaliber 9mm. Makanya kita kenakan juga UU Darurat," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, Kamis (13/2/2014) di Mapolda Metro Jaya.

Rikwanto menambahkan, airsoftgun yang dimiliki Budi bukan berasal dari perusahaan tempatnya bekerja, melainkan milik sendiri.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Budi Wijaya, karyawan perusahaan penyedia jasa keamanan dari PT SGI kini bertatus tersangka dan mendekam di tahanan Polda Metro Jaya karena melakukan pencurian Rp 1,6 miliar yang seharusnya uang itu didistribusikan PT Kejar ke beberapa ATM di wilayah Bekasi.

Kejadian pencurian dengan kekerasan tersebut terjadi pada 29 Januari 2014 pukul 11.00 WIB di Jl Baru Perumahan Villa Galaxy, Cluster Lotus.

"Terjadi tindak pidana curas terhadap operator ATM BRI beserta sopir kendaraan PT Kejar selaku pihak penyedia jasa pengawalan uang sebesar Rp 1,6 miliar yang rencananya diisi ulang ke berbagai ATM di Bekasi," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, Kamis (13/2/2014) di Mapolda Metro Jaya.

Atas aksi tersebut, tersangka Budi Wijaya alias BW berhasil ditangkap di sebuah hotel melati di dekat Telaga Bintaro, pada 1 Februari 2014 lalu. Sementara tersangka lainnya yakni Hendrik alias Batak yang bekerja sebagai sopir truk freelance masih DPO.

Rikwanto menjelaskan motif tersangka Budi melakukan pencurian yakni lantara memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ditambah pula Budi merasa sakit hati dengan manajemen PT Kejar yang memperlakukan karyawan secara sewenang-wenang dan kurang manusiawi.

Terlebih Budi mengaku selama 8 bulan bekerja disana, seorang manager bagian keuangan di PT Kejar sering memotong gajinya sebesar Rp 200 hingga Rp 100 ribu dari gaji per bulannya Rp 2.600.000 tanpa alasan yang jelas.

Kejadian bermula saat Budi mendapat tugas dari PT SGI melakukan pengawalan terhadap petugas pengisian uang ATM BRI beserta sopir kendaraan PT Kejar yang akan mengisi uang di mesin ATM Patriot Indomaret 3, Bekasi.

Dalam perjalanan pengawalan, saat di sebuah gang di Kampung Pulo Gede, Budi menodongkan pistol pada operator ATM BRI beserta sopir kendaraan sambil memberikan perintah agar sopir mengikuti perintah Budi.
"Tersangka BW (Budi) lalu menghubungi DPO Hendrik dengan berkata "main cepat dan konsisten". Lalu Budi menyuruh sopir menuju ke TKP, Villa Galaxi," kata Rikwanto.

Sesampainya di TKP, datang mobil grand Max warna hitam yang dikemudikan DPO Hendrik. Lalu Hendrik masuk ke mobil PT Kejar dan mengikat tangan operator ATM sambil meminta kunci brankas.

Termasuk pula memindahkan kantong uang di mobil Kejar ke mobil grand max. Lalu Budi dan Hendrik kabur menggunakan grand max. Tidak hanya merampas uang Rp 1,6 miliar, handpone milik operator ATM dan sopir Kejar juga dirampas oleh keduanya.

Selain menangkap tersangka Budi, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yakni satu unit mobil civic B 1689 yang dibeli di Bandung dari uang hasil kejahatan, satu airsofrgun yang dimodifikasi, lima peluru tajam kaliber 9mm, 10 ATM cartrider box berisi uang Rp 1 miliar, dua ATM divert box kosong, dan satu obeng.(Sumber)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)