Polres Kepulauan Seribu dalam menjaga Kamtibmas di Kepulauan Seribu

Polres Kepulauan Seribu
0
Kasat Reskrim
polreskepulauanseribu.com - Suatu sore hari yang indah, saat cahaya mentari hendak meninggalkan bumi berganti dengan cahaya bulan, dipulau panggang ( salah satu pulau yang berpenduduk padat di kabupaten kepulauan seribu ), penulis melakukan penyambangan dan melakukan bincang - bincang dengan masyarakat sekitar. Penulis dengan serius mendengarkan keluh kesah tentang permasalahan yang dihadapi masyarakat yang hampir seluruhnya adalah bekerja sebagai nelayan. 

Dari hasil bincang-bincang yang di lakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa betapa mereka sangat membutuhkan kehadiran polisi di wilayahnya. Sebelum ada polres, mereka sering diganggu oleh perompak-perompak ditengah laut ketika mereka sedang beraktifitas menangkap ikan . sedangkan untuk melapor kedaratan Jakarta membutuhkan waktu dan biaya yang tinggi, akhirnya perompak bisa bebas begitu saja dan melakukan aksinya lagi di lain kesempatan, tak jarang pula para nelayan memberikan perlawanan kepada para perompak yang mengakibatkan jatuhnya korban dipihak nelayan. 

Di akhir perbincangan ringan yang saya lakukan, mereka tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada anggota polisi yang bertugas di polres kepulauan seribu yang telah mau bersusah payah untuk menjaga keamanan pulau mereka dan mereka menyelipkan satu pesan buat saya agar polisi juga semakin sering melakukan patroli-patroli ketengah laut untuk memberi rasa takut terutama kepada para perompak-perompak atau nelayan-nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak potassium maupun yang menangkap ikan dengan menggunakan jaring pukat harimau karena hal itu dapat merusak terumbu karang didasar laut. Sembilan tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 oktober 2005 yang entah disengaja atau kebetulan tanggal dan bulannya bersamaan dengan hari sumpah pemuda, diresmikanlah polres kepulauan seribu yang berlokasi di pulau karya, kabupaten administrasi kepulauan seribu. Peresmian dilakukan oleh bapak Irjend Pol. Firman Gani yang saat itu menjabat Kapolda Metro Jaya. Kapolres pertama dijabat oleh AKBP.DRS. BOY RAFLI AMAR yang sebelumnya menjabat waka polres metro Jakarta utara. Saat ini, kapolres ke enam dijabat oleh AKBP. Johanson Ronald Simamora, Sik,.SH.,MH. 

Ibarat bayi yang baru lahir, maka diperlukan perawatan dan perhatian yang cukup, agar terhindar dari segala macam penyakit dan dapat bertumbuh kembang seperti yang diharapkan. Demikian juga dengan polres kepulauan seribu harus dijaga dan dirawat dengan kesungguhan dan keseriusan sehingga menjadi polres yang benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat yang dapat memberi rasa aman tentram, tertib dan damai bagi masyarakat sekitar dan dapat memberi perubahan terhadap kehidupan masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung serta tidak mencoreng institusi polri sebagai lembaga yang melahirkannya. Agak sulit memang, mengingat wilayah kepulauan seribu yang berada di tengah lautan jakarta dan hanya bisa ditempuh dengan alat angkut kapal yang membutuhkan biaya transportasi yang tinggi dan itu pun tidak setiap saat beroperasi, namun, suka atau tidak suka, senang atau tidak senang dan mau atau tidak mau, hal itu harus kita laksanakan sebagai seorang anggota polri yang bertugas di polres kepulauan seribu. 

Kapolres metro kepulauan seribu AKBP. Johanson Ronald Simamora, Sik.,SH.,MH, telah mampu mengangkat polres kepulauan seribu sesuai dengan yang diharapkan masyarakat pulau seribu. Memberi rasa aman dan tertib bagi masyarakat, menjalin kemitraan dengan seluruh jajaran terkait, baik pemda, TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh stakeholder yang ada di wilayah hukum kepulauan seribu. sebagai seorang manager handal yang berusaha menjaga liquiditas instansi yang dipimpinnya agar tidak diliquidasi, berusaha dengan kerja keras dan semangat yang tinggi untuk membenahi polres yang dikomandoinya sehingga bisa menjadi polres yang tegak berdiri bagai batu karang yang tidak akan hilang dikikis oleh gelombang lautan. Beliau berusaha keras dengan fasilitas dan sumber daya yang sangat minim dapat memberi kesan agar dengan adanya polres kepulauan seribu dapat memberikan rasa aman terhadap masyarakat sekitar, berupaya mencegah penyelundupan yang melewati perairan kepulauan seribu , menjaga kekayaan laut yang ada didasar laut dan juga memberikan rasa aman terhadap wisatawan yang berkunjung kekepulauan seribu, baik wisatawan Domestik maupun internasional. Mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di kepulauan seribu serta berusaha maksimal dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif, terutama dalam pelaksanaan Pemilu legislative, pemilu presiden/wakil presiden yang baru saja dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif tersebut, Kapolres rajin melakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat kepulauan. Tak segan-segan beliau menyambangi masyarakat dari pulau yang satu kepulau yang lainnya. Tak jarang pula kapal yang ditumpangi beliau hampir tenggelam ditengah laut dihantam gelombang ketika sedang melakukan perjalanan dinas. Penulis selaku bawahan langsung salut dengan semangat beliau dalam melaksanakan tugas yang tidak pernah mengenal kata menyerah. Dan hal itu bisa menjadi sebuah contoh bagi seluruh anggota polres kepulauan seribu, yang akhirnya mengantar polres kepulauan seribu sejajar dengan polres-polres lain yang berada didaratan. 

Kegiatan penting yang menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia yaitu pengumuman hasil pemilu presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan pada hari selasa, 22 juli 2014. Hasil pengumuman yang akan dilaksanakan tersebut akan menentukan nasib Indonesia dalam lima (5) tahun kedepan. Untuk itu, agar demokrasi Indonesia tidak tercoreng oleh perbuatan para oknum yang tidak mau menerima hasil keputusan KPU tersebut, maka Polri telah menyiagakan anggota polri untuk melakukan pengamanan, tidak terkecuali anggota polres kepulauan seribu yang sejak tanggal 19 juli kemarin telah melaksanakan apel siaga 1. Semoga rakyat Indonesia bisa menerima apapun hasil keputusan KPU yang menentukan presiden RI untuk 5 tahun kedepan, demi terpeliharanya keamanan dalam negeri yang kondusif untuk menjadikan Indonesia yang hebat. 

Oleh : AKP Armunanto Hutahaean SE SH MH (Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu)
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)