Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kepulauan Seribu tahun 2016

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0



polreskepulauanseribu.com-Partisipasi Bhabinkamtibmas Polsek Kepulauan Seribu Utara dalam mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN), serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada, Rabu (08/03/16).
 
Sebanyak 1302 balita di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara akan mendapat Imunisasi Polio. Posyandu di dirikan di pulau pulau penduduk untuk melayani masyarakat yang membawa balitanya untuk diimunisasi. Dengan diadakannya PIN di wilayah Pulau Seribu ini diharapkan tidak ada kasus anak terjangkit virus Polio. Ujar Teguh Wakil dari Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta.


PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio."Tidak hanya Pemberian imunisasi tambahan polio yang diberikan kepada balita namun perlu dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala agar balita di Kepulauan Seribu sehat dan tumbuh kembang tidak terhambat "ujar Akp Zaroki Syaputra Kapolsek Kepulauan Seribu Utara

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam,nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera.(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)