Pulau- Pulau di Kepulauan Seribu Aset Pemprov DKI, dan Pastikan Tiga Pulau Sudah Bersih dari Limbah Minyak

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0
Pulau- Pulau di Kepulauan Seribu Aset Pemprov DKIPolreskepulauanseribu.com - Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengatakan, saat ini kondisi pantai dan laut di tiga pulau yaitu Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan Pulau Karya sudah kembali bersih, seiring treatmen yang dilakukan oleh tim gabungan Kantor Lingkungan Hidup, Taman Nasional dan SKK Migas. 
"Laut sudah bersih, jadi ada treatment cepat karena itu memang limbahnya minyak. Kemarin ada semacam zat cair yang disemprotkan sehingga limbah tersebut cepat larut," ungkap Budi Utomo usai melakukan Jumat Bersih bersama Sekretaris Kabupaten, Ismer Harahap di Pulau Tidung, Sabtu (16/04/2016). 

Menurut Budi, treatment itu sifatnya hanya sementara, ini hanya mengurai dan dia jatuh. Maka perlu tetap dilakukan upaya penjagaan lingkungan dan pembersihan dibawahnya.

"Karena kalau dibiarkan terjadi maka habitat dan ekosistem laut akan rusak, makanya tetap akan kita upayakan dan adakan bersih laut dengan bekerjasama komunitas penyelam," katanya.

Budi mengatakan, tidak hanya komunitas peneyelam, Taman Nasional juga akan melakukan kegiatan monitoring dan kegiatan terumbu karang dibawah laut, sehingga kita akan melihat perkembangannya seperti apa, tetap ini masih dalam penyelidikan.

"Saya sudah berlapor secara lisan dan berkoordinas pada Kapolres, bahkan dengan Pak Kapolda dan Pangdam Jaya. Ini akan dilakukan lidik, jenis limbahnya apa dan siapa pelakunya jika itu ketemu akan dilakukan proses hukum yang tegas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," tandasnya Saat dihubungi melalui telepon.

"Kemarin Saya dibantu oleh Pihak CNOOC. Ses. Ltd melakukan Pembersihan Limbah Minyak di sepanjang Pantai Pulau Pramuka, Kami akan terus menyelidiki dan berkoordinasi dengan pihak terkait, Kita tidak bisa sembarangan dalam melakukan pemeriksaan". Ujar Kapolsek Kepulauan Seribu Utara.

(Humas Res KS)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)