Kunjungan Menristek Uji Coba Kapal Plat Baja Disambut Kapolsubsektor Pulau Untung Jawa Polres Kepulauan Seribu

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0



Polreskepulauanseribu.com - Kapolsubsektor Pulau Untung Jawa Polres Kepulauan Seribu Bripka Masito bersama Brigadir Muhaimin, mendampingi kegiatan kunjungan Menteri Riset dan Teknologi, Bapak Muhamad Nasir beserta 31 rombongan yang berkunjung ke Pulau Untung Jawa, dalam rangka Uji Coba Kapal PLAT DATAR hasil buatan Fakultas Tehnik Universitas Indonesia, Sabtu, 20/8/2016.

Dalam kunjungannya, Menristek meyempatkan waktu untuk singgah ke rumah dines Lurah Pulau Untung Jawa untuk beristirahat sejenak.

Dua kapal berukuran kecil masing-masing berpenumpang 10 sampai 12 orang ini, berlayar sempurna di laut lepas sekitar Pulau Untung Jawa, hingga menepi ke kawasan Paku Haji, Kabupaten Tangerang. Adi Lingson selaku pembuat dan perancang kapal mengatakan, produk ini merupakan teknologi kapal inovatif yang menggunakan baja sebagai material utama.


"Dinamai dengan Pelat, karena konstruksi badan kapal ini dibangun dengan pelat-pelat baja datar, yang tidak melewati proses pelengkungan yang umumnya ada pada konstruksi kapal baja" kata Bripka Masito setelah mengikuti wawancara menristek kepada awak media yang hadir

Adi menjelaskan, teknologi ini menyederhanakan konstruksi hingga menghasilkan produk kapal yang 30 persen lebih cepat proses produksinya. Selain itu juga, 25 persen lebih murah biaya produksinya dibanding kapal baja pada umumnya.

Ini juga sebagai tujuan memutus ketergantungan terhadap kayu sebagai material utama pembuatan kapal, tanpa menghilangkan kearifan lokal" ujar mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia itu.


Sementara, Menristek Muhammad Nasir mengatakan, Juragan Kapal adalah perusahaan pemula berbasis teknologi yang bergerak di bidang desain dan produksi kapal baja. Produk awalnya adalah Kapal Pelat Datar ini.

Menurut Nasir, program ini merupakan instrumen kebijakan dalam bentuk skema pendanaan, untuk lembaga IBT dan PPBT sebagai tenan dalam melakukan proses inkubasi, sehingga ke depan kami harapkan adanya daya saing perusahaan pemula, dan mampu bertahan serta berkembang di pasaran" pungkasnya

(Humas KSS)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)