Kanit Binmas Polsek Kepulauan Seribu Utara Hadiri Acara Penguatan 30 Kader Penggerak KB di Pulau Panggang

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0
Sudin PPAPP Galakan Pengendalian Penduduk di Pulau Panggang

Polreskepulauanseribu.com - Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kepulauan Seribu kembali melakukan penguatan kepada 30 penyuluh atau kader penggerak Keluarga Berencana (KB) di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

"Kita lebih tekankan kepada pria yang jumlah kepersertaannya masih sangat sedikit agar mau ikut program KB," ujar Maman Mansur, Kepala Seksi Pengendalian Penduduk dan KB Suku Dinas PPAPP Kepulauan Seribu, Senin kemarin (24/7).

Ia berharap, dari kegiatan ini, para penyuluh KB bisa lebih percaya diri dalam mengajak warga, khususnya kaum pria untuk menjadi peserta KB melalui ametode vasektomi untuk menekan jumlah penduduk.

"Pulau Panggang terhitung paling tinggi peserta aktifnya. Jumlahnya mencapai 928 orang pria dan wanita," katanya.

Menurut Maman, jumlah peserta KB tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 916 orang.

"Jumlah peserta KB kedua terbanyak ada di Pulau Tidung dan Pulau Kelapa. Sementara tingkat partisipasi terendah peserta KB ada di Pulau Untung Jawa," tandasnya.

Kanit Binmas Polsek Kepulauan Seribu Utara Polres Kepulauan Seribu IPDA Winarso, mengatakan Salah satu terobosan adalah dengan adanya Kampung KB. Saat ini Pemkab masih punya satu Kampung KB di kelurahan Panggang, Pulau Pramuka. Adapun tahun ini rencananya Kampung KB akan bertambah, sinergi dengan pembangunan RPTRA yakni direncanakan di Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Lancang dan Pulau Tidung," ujarnya, Jumat (28/07).

Menurutnya banyak kader Bina Keluarga Balita (BKB) dari Kelurahan Pulau Harapan mengaku mengambil banyak pelajaran dari pelatihan yang dilakukan.

"Ini menjadi modal penting bagi para kader agar secara tepat dan efektif lakukan sosialisasi dan pembinaan di masyarakat," ujarnya.

(Humas Res KS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)