Ciptakan Wisata Aman Iptu Isbiyanto Pastikan Angkutan Kapal Tradisional Tidak Overload

dhidie27
0


polreskepulauanseribu.com – Pam dermaga yang dilaksanakan oleh Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu memiliki tujuan untuk memberikan pengamanan baik kepada wisatawan maupun kepada warga sekitar.
Pengamanan yang diberikan meliputi dua hal yaitu menjaga barang dan juga menjaga jiwa. Yang dimaksud dengan menjaga barang adalah polisi memantau setiap barang – barang yang turun dari kapal, memastikan bahwa tidak ada minuman keras dan narkoba yang masuk ke pulau. Selain itu, polisi juga memastikan tidak ada barang yang hilang ataupun tertinggal di kapal ojek.
Sedangkan menjaga jiwa menurut Kapolsek Kepulauan Seribu Utara Iptu Ibiyanto yaitu memastikan keselamatan penumpang kapal yang hendak menuju Jakarta.
“Kita pantau jumlah penumpang yang akan berangkat menuju Jakarta, jika overload atau melebihi kapasitas angkut, maka kapal tidak akan kami izinkan berangkat,” kata Iptu Isbiyanto ketika memantau langsung giat Pam Dermaga di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Senin (11/03).


Menurutnya berbahaya sekali jika kapal berangkat melebihi kapasitas angkut kapal. Kecelakaan kapal bisa saja terjadi di tengah laut oleh sebab itu penumpang tidak memaksakan diri untuk naik jika kapal sudah melebihi kapasitas.
“Polisi bekerjasama dengan dishub dan satpol pp dalam setiap giat pengamanan dermaga. Jadi semisal kapal ada masalah dalam pengangkutan ataupun dalam perjalanannya, kita bisa dengan cepat bertindak,” jelasnya.
Overload kapal ojek sering kali terjadi saat musim liburan, dimana jumlah wisatawan yang berkunjung bisa mencapai ribuan orang. Untuk mengatasinya polisi bersama pemda dan dishub menggelar cipta kondisi atau pengamanan setiap pemberangkatan dan kedatangan kapal.
Polisi juga mengecek kondisi kapal mulai dari perlengkapan keselamatan seperti life jacket maupun surat – surat izin berlayar.
“Keamanan penumpang dan kenyamanannya merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan pam dermaga,” tandasnya.


(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)