Budidaya Rumput Laut, TNI Polri Bantu Petani Pulau Tidung

Yudhistira
0


polreskepulauanseribu.com - Indonesia merupakan Negara Maritim yang terdiri dari ribuan pulau pulau. Iklim yang tropis juga sangat mendukung keanekaragaman hayati bisa berkembang baik di Indonesia. rumput laut merupakan tanaman yang bisa dengan mudah tumbuh di perairan dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Khususnya di Pulau Tidung Kepulauan Seribu, rumput laut adalah tanaman yang cocok untuk di budidayakan. pada jaman sekarang kebutuhan pasar akan rumput laut sudah berkembang. komoditi yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan seperti agar agar, dodol , kue kering dan lain lain.

Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 10.20 Wib Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Polsek Kepulauan Seribu Selatan Brigadir Teguh Wijaksono mendamingi kunjungan Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Kav. Tri Handaka dan Danramil Kepulauan Seribu Mayor inf. Ali beserta jajaran untuk meninjau kegiatan pemeberian bibit rumput laut kepada petani Pulau Tidung.

Kegiatan ini digagas oleh dua pilar yaitu Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Brigadir Teguh Wijaksono dan Babinsa Pelda Juniarto. Bhabinkamtibmas dan Babinsa menyediakan bibit rumput laut yang akan dibagikan ke warga Pulau Tidung. tidak sampai disitu mereka juga akan membantu petani rumput laut Pulau Tidung dalam hal penjualan hasil panen.


Dandim 0502 Jakarta Utara Kolonel Kav. Tri Handaka menerangkan “Rumput laut sangat bagus prospek nya untuk dikembangkan, kami akan bekerja sama dengan Polri dalam memajukan budidaya rumput laut di Pulau Tidung ini.” ucap Dandim 0502 Jakarta Utara.

“Kedepan kami juga akan membantu para petani  dalam hal pemasarannya, sehingga ketika panen para petani tidak perlu bingung  untuk menjualnya kemana. kami berharap kerja sama dengan para petani bisa berjalan dengan baik.” tambah nya.

Pemeberian bibit rumput laut ini bertempat di Pantai Utara Kampung Baru RT 02/03 Pulau Tidung. turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua Mitra Jaya Kodim Jakarta Utara Bpk.Sukamto, Camat Kepulauan Seribu Selatan Bpk.Angga Saputra M.Si , Bpk.Lurah Pulau Tidung Bpk.Cecep Suryadi, ST beserta Sat Pol PP , FKDM Pulau Tidung, Tokoh Masyarakat Pulau Tidung dan Tokoh Agama Pulau Tidung.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan membantu para petani rumput laut Pulau Tidung dalam hal budidaya rumput laut serta memajukan usaha petani rumput laut yang sudah berjalan. selain itu rumput laut juga bisa menambah keindahan Pulau Tidung untuk menarik wisatawan.

Brigadir Teguh Wijaksono mengatakan “kami akan bekerja sama dengan pihak pihak yang dapat memasarkan rumput laut dari Pulau Tidung. bahkan rencananya akan kami tawarkan ke pasar Jepang.” terang Brigadir Teguh.

Hal ini diamini oleh Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu AKP Jupriono, SH.MM “Semoga kualitas panen rumput laut memenuhi sesuai dengan permintaan pasar dan jumlahnya mencukupi. hal itu bagus untuk mendongrak perekonomian masyarakat Pulau Tidung.” jelas Kapolsek.


(Humas KSS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)