Polsek Kepuluauan Seribu Utara Peduli Nelayan Berikan Sosialisasi Pentingnya Life Jacket

dhidie27
0

 


polreskepulauanseribu.com – Nelayan merupakan profesi yang banyak digeluti oleh warga Kepulauan Seribu. Kondisi geografis berupa lautan menunjang mereka untuk menjadi seorang nelayan baik itu sebagai profesi tetap maupun sampingan.

“Hampir setiap warga di wilayah Polsek Kepulauan Seribu Utara ini pernah pergi melaut mencari ikan. Mereka melaut untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari atau sekedar iseng mencari ikan,” kata Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu AKP Fery Budiharso, SE, Jumat (31/01).

Karena banyaknya warga yang berprofesi sebagai nelayan, dirinya menyampaikan kepada seluruh bhabinkamtibmas Polsek Kepulauan Seribu Utara agar rajin mensosialisasikan penggunaan life jacket.

“Life jacket itu penting digunakan saat anda sedang berada dilaut,” tegasnya.

Menurutnya melalui giat sambang, bhabinkamtibmas agar menghimbau kepada nelayan untuk selalu menyediakan life jacket dikapalnya dan menggunakannya saat berada ditengah laut.


“Cuaca dilaut itu susah diprediksi, bisa berubah seketika dan rawan terjadi kecelakaan kapal jika cuaca memburuk. Dengan menggunakan life jacket tentu akan menolong nelayan untuk tidak tenggelam jika tercebur kelaut,” Kata AKP Fery Budiharso, SE menjelaskan.

Walaupun rata – rata nelayan pandai berenang namun tidak menutup kemungkinan saat terjadi kecelakaan mereka dapat tenggelam.

Jika saat kecelakaan terjadi angin kencang dan ombak tinggi melanda, orang yang pandai berenang pun akan mengalami kelelahan dan tenggelam. Namun dengan life jacket, mereka akan tetap mengapung dipermukaan laut.

“Banyak nelayan yang enggan memakai life jacket karena mereka menganggap itu tidak perlu. Itulah sebabnya kita terus melakukan himbauan, mengingatkan mereka tentang pentingnya life jacket,” kata AKP Fery Budiharso, SE.

Life jacket merupakan standar keselamatan yang wajib ada di kapal laut, hal tersebut tertuang dalam UU RI No 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.








(Humas KSU)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)