Cegah Penyakit Stroke, Urkes Polres Kepulauan Seribu Berikan Sosialisasi

dhidie27
0




polreskepulauanseribu.com - Jakarta, Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu mengadakan sosialisasi pencegahan penyakit stroke di Halaman Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu Marina Ancol. Senin (03/08/2020).

"Sosialisasi ini disampaikan kepada personil Polres pengetahuan tentang penyakit stroke dan supaya bisa mengantisipasi bagaimana cara mencegah dan bagaimana mengambil langkah bila terkena serangan stroke," kata dr. Isti Iryan prianti selaku Perwira Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu.

Disampaikan oleh dr. Isti bahwa penyebab stroke sangat bervariasi, mulai dari gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, tekanan darah tinggi, hingga sumbatan darah di otak akibat penyakit diabetes melitus ataupun tingginya kadar kolesterol darah. 





"Stroke sangat berisiko dialami penderita tekanan darah tinggi (khususnya hipertensi emergency), kolesterol tinggi, berat badan berlebih, dan diabetes," terangnya saat menyampaikan sosialisasi.

Ditambahkan oleh dr Isti, penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. Penyebab stroke ada dua macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya pembuluh darah yang pecah.

"Penyebab stroke ada dua macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya pembuluh darah yang pecah," tambahnya.





Dari semua penyebab gejala stroke Hipertensi emergency atau tekanan darah tinggi yang mendadak adalah penyebab utama sehingga personil polres agar tetap menjaga kesehatan dengan menjaga makanan, menjaga berat badan yang ideal dan tentunya rajin berolahraga dan tidak stres.

"Dengan sosialisasi ini, agar personil polres agar tetap menjaga kesehatan dengan menjaga makanan, menjaga berat badan yang ideal dan tentunya rajin berolahraga dan tidak stres," tutupnya.

Untuk diketahui pelaksanaan sosialisasi dilakukan setelah apel pagi dengan peserta para Pejabat Utama Polres Kepulauan Seribu dan Personil kurang lebih 150 orang. Selain sosialisasi juga dilakukan tindakan medis pengambilan darah untuk mengetahui kadar gula darah dan kolesterol kepada seluruh peserta.


"Kesehatan anggota sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas sehari hari, jadi sosialisasi kesehatan terkait stroke ini perlu disampaikan agar personil bisa memahami, mencegah dan mengambil langkah awal bila dirinya atau rekan tugasnya terkena stroke," tegas Kompol Sumini Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu saat ditemui selesai acara sosialisasi.











(Humas Res Kep Seribu)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)