Sambangi Warga Belum Suntik Vaksin, Polsek Kep Seribu Selatan bersama Nakes Edukasi dan Ajak Warga Vaksin

Polres Kepulauan Seribu
0

JAKARTA - Personel Polsek Kepulauan Seribu Selatan bersama Tenaga Kesehatan menggelar vaksinasi COVID-19 secara "door to door" (dari rumah ke rumah) di Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dengan menyasar kepada warga masyarakat yang belum di vaksin dosis pertama yang kesulitan mengakses sentra vaksin dan memiliki kendala baik kesehatan maupun informasi yang benar terkait vaksin.


Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu AKP Wisnu Wardono menyampaikan, langkah ini dilakukan bagi warga yang tidak mau Vaksin karena kendala kesulitan mengakses sentra vaksin, terpapar hoax (berita bohong) terkait vaksinasi COVID-19 dan kondisi kesehatan.

“Dalam kegiatan kita sambangi satu persatu rumah warga untuk mengetahui apa kendalanya, kita coba bantu menjelaskan dan memberi pengertian apa itu manfaat vaksin dalam masa pandemi Covid-19 ini kemudian kita berikan informasi yang benar terkait vaksin dan tidak percaya dengan berita hoax. Kemudian tenaga kesehatan melakukan pengecekan keadaan kesehatan apakah kondisinya bisa di vaksin atau tidak," jelas Wisnu Wardono. Jumat (13/8).


Wisnu menambahkan, ada juga warga yang takut jarum suntik sehingga tidak berani datang ke Gelaran vaksin karena malu, karena alasan-alasan tersebut diatas maka pihaknya bersama tenaga kesehatan memutuskan menyambangi rumah masyarakat satu per satu guna mengedukasi warga di sana.

"Untuk kegiatan door to door seperti ini akan kita lakukan terus sampai warga semuanya tervaksin hingga tanggal 17 Agustus 2021 sesuai jadwal yang ditentukan Polda Metro Jaya dalam Program Vaksinasi Merdeka," tambahnya.


Kendati demikian Wisnu mengungkapkan, vaksinasi di wilayahnya masih belum mencapai target 100% sehingga pihaknya akan terus melakukan percepatan demi tercapainya herd immunity (kekebalan komunal) di tengah masyarakat.


"Kepada warga masyarakat yang belum suntik vaksin segera suntik vaksin di Gerai Vaksinasi Merdeka terdekat dan bagi warga yang sudah vaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan," harapnya.


Diketahui, personel Polsek Kepulauan Seribu Selatan bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Kelurahan melakukan sambang, edukasi dan ajakan ke warga agar ikut vaksin. Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolsek Kepulauan Seribu Selatan ini berjalan dengan tertib dan lancar.



(Humas Res Kep Seribu)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)