Kapolres Kepulauan Seribu dampingi Kapolda Resmikan Mobil Patroli berbasis Android di Jakarta Utara

Polres Kepulauan Seribu
0

Kapolda Metro Jaya
Jakarta - Puluhan mobil Patroli Sabhara yang berbasiskan teknologi Android diresmikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno. Ini merupakan yang pertama di Indonesia, selama ini mobil patroli hanya dilengkapi dengan peralatan Global Positioning Sistem (GPS).

Mobil Patroli Sabhara berbasis Android ini diresmikan Kapolda Metro Jaya di Gedung Astra International, Jalan Gaya Motor, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/11/2013).

"Dengan ini kita berharap bisa meningkatkan pelayanan masyarakat dan bidang penanggulanangan gangguan kantibmas," kata Irjen Pol Putut Eko Bayuseno usai meresmikan mobil Patroli Sabhara.

Putut menjelaskan, dengan adanya peralatan yang canggih dan informasi yang cepat, tugas-tugas memelihara kantibmas dapat berjalan dengan baik. Peresmian mobil Patroli Sabhara berbasis Android ini juga termasuk dalam program Polres Metro Jakarta Utara tentang Polisi Peduli Pendidikan, Polisi Peduli Pengangguran, Polisi Cilik dan Patroli Sabhara.

Dengan Program-program ini berharap kepolisian dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat dan dapat mencegah aksi kejahatan. "Keinginan ke depan, polisi dicintai oleh rakyatnya dengan program-program revitalisasi yang dicanangkan. Itu harapannya, kami dikenal oleh masyarakat, tidak dikenal polisi tukang tilang, tukang tangkap saja, tapi dikenal dari hal-hal positif," ujarnya.

Kapolres Jakarta Utara Kombes M Iqbal menerangkan, Mobil Patroli Sabhara yang baru tersebut dilengkapi gadget tablet yang berbasiskan sistem operasi Android. Sehingga petugas patroli dapat lebih cepat dan lebih mudah dalam beraktivitas, serta mudah dikontrol pimpinan dari command centre di Mapolres Jakarta Utara.

Cara kontrol dari command centre yaitu pada gadget tersebut dilengkapi dengan barcode, kemudian barcode discan oleh penanggungjawab obyek vital setempat. Dan hal ini dapat dipantau langsung dari command centre.

"Barcode pengganti media manual buku patroli. Kita manfaatkan teknologi ini, teknologi berupa tablet, tablet ini dapat dari smartfren," terang Iqbal.

Dengan peralatan canggih ini, petugas patroli yang menggunakan mobil tersebut dapat dipantau lokasinya secara otomatis dan terkontrol di command centre. "Sebaliknya juga dari command centre bisa mengirim informasi ke gadget tersebut," imbuhnya.

Deputi Chief Executive Officer Smartfren, Djoko Tata Ibrahim mendukung program Kapolres Jakarta Utara ini. Karena dengan adanya program mobil Patroli Sabhara berbasis Android ini diharapkan dapat meningkatkan pencegahan pelaksanaan kantibmas di wilayah Jakarta Utara.

"Kita hibahkan 51 unit diletakkan mobil sabhara. Dan juga data tersebut di real command centre. Diharapkan dapat menurunkan tingkat kriminalitas dan meningkatkan keamanan," papar Djoko.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)