Uniknya Pulau Kelor Kepulauan Seribu

Polres Kepulauan Seribu
0


Pulau Kelor
Oleh: Aisyah Lsety

Pagi itu saya bersama Komunitas Khatulistiwa, beranggotakan para mahasiswa pecinta sejarah dan budaya yang mengusung slogan Save Nature Save Culture in Your Adventure bergegas menuju satu pulau bersejarah. Pulau yang terlupa, di bagian Kepulauan Seribu.
Inilah rentetan dokumentasi saya agar kalian tahu betapa uniknya pulau yang akan kami kunjungi. Pulau Kelor.

Dari penjelasan ketua rombongan saya tahu, pulau ini disebut juga Pulau Kherkof (pulau kuburan), karena digunakan untuk mengubur para pemberontak pribumi dan tahanan politik yang melawan Belanda. Ketua rombongan saya pernah menemukan tulang kering manusia saat tak sengaja menggali pasir di pulau ini.
Bahkan, dari yang saya dengar, ada yang mengatakan hal aneh tentang pulau ini, khususnya banteng Marcellocastel. Menurut orang-orang, dari dalam benteng yang menjadi latar belakang foto kami di atas sering terdengar suara kucing, padahal tidak ada kucing di pulau ini. Ada yang menghubungkan bahwa suara kucing itu adalah para penunggu tak kasat mata. Entah apakah itu mitos, atau fakta.

Intinya, kita harus tetap mencintai sejarah dan warisan budaya Indonesia. Memeliharanya dengan tidak merusak benda-benda cagar budaya yang ada dan membantu untuk menjaganya bersama. (Sumber)
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)