Selain Mengemban Misi Perdamaian, Polri Juga Perkenalkan Kebudayaan Indonesia di Sudan

Polres Kepulauan Seribu
0

Jakarta - Menjadi polisi perdamaian di wilayah konflik bukan berarti yang mereka kerjakan hanyalah tugas pokok untuk menjaga keamanan. Selama 1 tahun bertugas di Sudan, para personel Satgas Formed Police Unit (FPU) juga mengemban misi kesenian dan kebudayaan.

Adalah Ipda Nurdianto Ekowartono yang didaulat sebagai koordinator penampil kesenian di Camp Indonesia yang terletak di Darfur, Sudan. Macam-macam kesenian mereka tampilkan di belasan kegiatan penting UNAMID (African Union-United Nations Hybrid Mission in Darfur). Sambutan meriah selalu didapatkan ketika mereka tampil.

"Indonesia selalu jadi favorit di sana. Nggak habis-habis deh undangan untuk kita tampil," kata Ipda Nurdianto usai Upacara Purna Tugas Polisi Perdamaian PBB di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2013).

Grup kesenian yang diberi nama "Rampak Pasundan" ini memperkenalkan kesenian daerah seperti rampak kendang dari Jawa Barat, tarian dari Papua, wayang kulit dari Jawa, serta tari Poco-Poco. Selain kebudayaan dari daerah, para polisi ini pun main band.

"Kami perform dangdut koplo, nama band-nya Garbha," ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Regu Taktis ini.

Tak hanya latihan kesenian, para polisi ini juga punya tips untuk mengatasi kejenuhan atau mengisi waktu luang yaitu dengan berolahraga. Mulai dari futsal, voli, hingga basket rutin mereka lakukan untuk menjaga kebugaran.

Satu cerita seru masih membekas di ingatan polisi yang mengaku masih jomblo ini. Kala itu mereka iseng menantang polisi dari negara lain untuk tanding voli. Polisi dari Mesir dengan senang hati mau melawan mereka. Hasilnya?

"Langsung kalah, soalnya kita semua kalah tinggi," kata Nurdianto sambil tertawa.

Kini para polisi yang tergabung di Satgas Formed Police Unit V itu sudah menyelesaikan tugas mereka di Sudan. Kebersamaan dengan 140 personel lainnya ketika bertugas di daerah konflik tentu akan mereka rindukan.

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)