Rusuh di Lapas Lhokseumawe, Belasan Orang Terjebak

Polres Kepulauan Seribu
0

Ilustrasi,
polreskepulauanseribu.com - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas II Lhokseumawe, Nagroe Aceh Darussalam, terus berupaya melakukan negosiasi dengan narapidana terkait evakuasi para petugas dan masyarakat yang berada di dalam lapas pada saat kebakaran. Sejumlah petugas dan pengunjung memang masih terjebak setelah terjadi kerusuhan dan kebakaran di lapas tersebut pada Sabtu, 15 Februari 2014 malam.

"Sampai tadi pukul 07.30 WIB masih ada 2 orang petugas kami dan rombongan keluarga salah seorang napi, yang jumlahnya sekitar 10 orang sampai 15 orang," kata Juru bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Akbar Hadi Prabowo.

Akbar mengatakan anggota masyarakat yang berada di lapas adalah rombongan keluarga Khairul, orang narapidana kasus narkoba yang datang untuk meminta izin menjemput Khairul yang sakit. Sementara kedua petugas yang berada di dalam Lapas menurut Akbar juga bukan sebagai sandera.

"Kondisi bukan dalam kapasitas tersandera karena bangunan runtuh sehingga sulit keluar karena hanya satu pintu," kata Akbar.

Akbar mengatakan negosiasi juga membicarakan pemulihan kondisi untuk mengembalikan penguasaan lapas kepada pemerintah. Dalam negosiasi, pemerintah akan mengupayakan pengamanan aset, membuat situasi kondusif agar napi mau kembali ke sel, dan menata sarana dan prasarana seperti air dan makanan.

"Penataan air dan makanan ini penting, karena kalau nanti perut lapar dan kondisi tidak kondusif, dikhawaktirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,"  kata Akbar.

Akibat kebakaran pada Sabtu hampir tengah malam, api melalap ruang perkantoran, ruang registrasi, gudang beras dan sebagian dapur. Namun, Akbar mengatakan tak ada korban jiwa maupun narapidana yang melarikan diri dalam kebakaran ini.

Akbar mengatakan Lapas Lhokseumawe saat ini dihuni oleh 389 narapidana, sementara daya tampung lapas seharusnya hanya untuk 136 orang. Pada saat kejadian, Akbar mengatakan regu jaga hanya beranggotakan 5 orang petugas.

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)