Berbagi Sesama, 67 Warga Kepulauan Seribu Ikuti Operasi Katarak Gratis

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0

Polreskepulauanseribu.com - Sebanyak 67 warga tidak mampu di Kepulauan Seribu mengikuti pemeriksaan katarak secara gratis yang di gelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu dan Rumah Sakit Port Medical Center (RSPMC).

Pemeriksaan katarak ini di sambut antusias oleh warga tujuh pulau diantaranya, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.

“Operasi katarak gratis dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini sampai tanggal 14 Oktober 2016,” ujar Mamun, Rabu (12/10/2016).

Polres Kepulauan Seribu melalui Kapolsek Kepulauan Seribu Utara AKP Fredy Yudha Satria menambahkan, operasi katarak gratis rencanakan akan diadakan tanggal 9 November 2016 bertepatan pada HUT Kabupaten Kepulauan Seribu. Mudah-mudahan program ini akan terus berkelanjutan dan akan dijadwalkan sebulan sekali.

Sementara itu, General Manager RSPMC, Dedi Nugroho menjelaskan, operasi katarak  melibatkan 4 dokter, 8 tim medis dan 4 tenaga administrasi. Untuk ruangan operasi hanya satu yang digunakan menangani dua pasien yang akan dioperasi dalam dua mesin alat operasi.

“Ini salah satu operasi dibidang mata atau penyakit mata yang dimana gejala-gejalanya itu adalah lensa mata mengalami kekeruhan. Proses operasi nanti kita akan mengambil lensa mata yang keruh, diganti dengan lensa buatan dengan kualitas yang bagus," jelas Dedi.

Adapun alat yang digunakan untuk operasi bernama Phaco Emulsification merupakan alat paling canggih untuk operasi mata  bisa ditempuh selama 15 - 20 menit dalam satu orang.

(Humas Res KS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)