Kapal Nelayan KM. Samudra Jaya Tenggelam, 2 Orang Selamat 9 Orang Dalam Pencarian

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0


Polreskepulauanseribu.com - Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian, SIK, M.Si menyatakan setidaknya sembilan orang penumpang masih hilang akibat tenggelamnya Kapal Motor Samudra Jaya di Kepulauan Seribu, tepatnya di kawasan Pulau Rengit, Kelurahan Pulau Harapan kemarin Sore saat dihubungi awak media terkait Tenggelamnya KM Samudra Jaya

Sejauh ini baru dua orang yang dinyatakan selamat, Keduanya merupakan anak buah kapal (ABK), yakni Saros (29) dan Damun (23), mereka ditemukan dalam keadaan terapung Kamis (21/12) pagi. 

Saat ini, pihaknya dengan dibantu warga dan nelayan Pulau Seribu masih melalukan pencarian terhadap sembilan korban tersebut. Sementara dua korban yang telah ditemukan sudah dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. "Sembilan orang hingga saat ini belum ditemukan, sementara dua orang yang ditemukan diduga telah mengapung selama tiga hari dan diselamatkan oleh nelayan dari Pulau Harapan," ujar AKBP Victor, Jakarta, Kamis (21/12). 


KM Samudra Jaya tersebut, kata Kapolres Kepulauan Seribu, diketahui berlayar dari arah Cirebon menuju Lampung untuk mencari ikan pada Senin (18/12) sore. Namun saat tiba di perairan Kepulauan Seribu, kapal justru terkena ombak besar sehingga terbalik kemudian tenggelam.

Dugaan sementara, terbaliknya kapal tersebut diakibatkan oleh cuaca buruk yang menyebabkan gelombang besar sehingga kapal hilang kendali. 

"Sekarang dari Polres Kepulauan Seribu sendiri mau ke pulau itu masih menunggu cuaca reda karena saat ini cuaca masih Bertiup Angin Barat mengakibatkan gelombang tinggi sehingga ombak bisa mencapai 1,5 meter," tuturnya. 

Kejadian ini bukan kali pertama terjadi di kawasan Kepulauan Seribu. Pada Sabtu (16/12) lalu, KM Surya Cemerlang juga terbalik dan tenggelam di Perairan Pulau Sabira. Namun, dalam upaya penyelematan, sembilan orang yang turut tenggelam berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Seperti halnya peristiwa tenggelamnya KM Samudra Jaya, kejadian yang menimpa KM Surya Cemerlang tersebut juga diduga akibat cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang air di perairan Pulau Sabira meninggi.


(Humas Res KS)




Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)