Lindungi Alam Kepulauan Seribu 100.000 Mangrove Ditanam Di Pesisir Pantai

dhidie27
0


polreskepulauanseribu.com – Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu, Iptu Isbiyanto menghadiri giat penanaman pohon mangrove yang diselenggarakan oleh PT. Nusantara Regas di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Rabu (28/11).

Hadir dalam giat tersebut Bupati Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu Husen Murat, Bpk. Muhammat Taupik Direktur Utama Nusantara  Regas, Bpk. Iwan Samosir Kasek minbang Kep. Seribu, Ibu Evi Hairlina Kepala Taman Nasional Kep.Seribu, AKP Zaroki S. Kasat Polair Polres Kep. Seribu,  Iptu Isbiyanto Kapolsek Kep. Seribu Utara, Toga dan Tomas serta warga setempat.


Rencananya sebanyak 100.000 bibit mangrove akan ditanam di wilayah pesisir pantai Kepulauan Seribu dengan tujuan melestarikan biota laut. 100.000 pohon mangrove tersebut tidak ditanam sekaligus melainkan secara bertahap selama tiga tahun kedepan.

Dilakukan secara bertahap dengan tujuan agar penanaman pohon mangrove dapat dilakukan disetiap pulau di wilayah Kepulauan Seribu ini.


“Semakin banyaknya pohon mangrove yang ditanam amaka akan semakin banyak habitat laut yang terselamatkan. Juga dapat mencegah abrasi tanah dan juga mencegah hempasan ombak merusak rumah warga yang berada di pesisir pantai.” Ujar Iptu Isbiyanto.

Hutan mangrove biasanya yang dipenuhi akar pohon bakau dan berlumpur. Akar tersebut dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai.Selain pengurai limbah organik, hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan diterjen, dan merupakan penghalang alami terhadap angin laut yang kencang pada musim tertentu.








(Humas KSU)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)