Urkes Polres Kepulauan Seribu Sosialisasikan Tentang Penyakit Jantung dan Demam Berdarah

Polres Kepulauan Seribu
0

polreskepulauanseribu.com - Bertempat di Gedung Mitra Praja Sunter Jakarta Utara, Urkes Polres Kepulauan Seribu memberikan sosialisasi tentang penyakit jantung dan demam berdarah yang dihadiri oleh anggota Polres dan Polsek Jajaran Polres Kepulauan Seribu.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Seribu Kompol Mustakim dengan menghadirkan Narasumber dari Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu Muhammad Rudi Ar S.K.M dan Dr Mirsal Picasso yang akan menjelaskan tentang penyakit jantung dan demam berdarah.
Dimateri pertama tentang penyakit Demam Berdarah (DBD) Muhammad Rudi Ar S.K.M menyampaikan "Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang. Gejala demam berdarah umumnya akan terlihat pada tiga hingga empat belas hari setelah masa inkubasi dan biasanya diawali dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 41 derajat celsius. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama masuk ke dalam tubuh sampai gejala pertama muncul. Penyebab DBD adalah virus dengue dan menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Artinya DBD tidak bisa menular langsung dari seseorang ke orang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di daerah berpenduduk tinggi (seperti di kota-kota besar) yang memiliki iklim lembap dan hangat" katanya saat paparan tentang penyakit demam berdarah.

Selanjutnya Dr Mirsal Picasso yang memaparkan tentang penyakit jantung menyampaikan "Gejala-gejala ini untuk setiap orang bisa berbeda. Sebuah serangan jantung mungkin dimulai dengan rasa sakit yang tidak jelas, rasa tidak nyaman yang samar, atau rasa sesak dibagian tengah dada. Kadang, sebuah serangan jantung hanya menimbulkan rasa tidak nyaman yang ringan sekali sehingga sering disalahartikan sebagai naiknya asam lambung, atau bahkan lepas dari perhatian sama sekali. Adapun faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung adalah kebiasaan merokok, pola hidup yang buruk, Hipertensi dan kadar Kolesterol tinggi" saat menyampaikan paparannya.

Dalam sambutannya Wakapolres Kepulauan Seribu mengatakan "Sosialisasi ini sangat penting dan bermanfaat sekali untuk kesehatan kita. Saya berharap agar anggota Polres Kepulauan Seribu yang hadir disini dapat menyimak pemaparan materi yang akan diberikan oleh 2 (dua) Narasumber" pungkasnya

Ditempat terpisah Kapolres Kepulauan Seribu AKBP John Weynart Hutagalung Sik menambahkan "ya benar hari ini telah berlangsung Sosialisasi tentang penyakit Jantung dan demam berdarah yang diadakan oleh Urkes Polres kepulauan Seribu. Mengenai sosialisasi ini, Saya mengajak semua anggota Polres Kepulauan Seribu untuk selalu menjaga kebersihan di rumah dan di Mako Polres dan Polsek agar terhindar penyakit demam berdarah dan juga kita harus lebih sering berolahraga untuk menjaga kebugaran fisik untuk menjaga jantung kita agar tetap sehat. Kedepan tugas Polri makin berat, oleh karena itu perlu kondisi fisik yang bugar untuk mengimbangi tugas Kepolisian sehari-hari" tandasnya saat dihubungi oleh tim redaksi di ruang kerjanya.  
(Tim Redaksi)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)