Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Ikut Sukseskan Giat Vaksinasi Balita Di Posyandu Pulau Harapan

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0
Polreskepulauanseribu.com - Sebanyak 75 balita di Pulau Harapan mendapat Vaksin gratis dari Diskes Kepulauan Seribu Utara di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara, Sabtu  (28/4).

Giat Posyandu yang bertempat di Kantor RW 01 ini memberikan vaksin dan vitamin kepada Balita yang tinggal di wilayah Pulau Harapan. Adapun vaksin yang diberikan merupakan vaksin jenis Pentavalen.

Vaksis Pentavalen merupakan sebuah Vaksin yang terdiri dari 5 jenis vaksin didalamnya. Vaksin Pentavalen ini merupakan vaksin kombinasi antara DPT, HB, dan Hib yang berfugsi untuk pencegahan terhadap difteri, tetanus, pertusis (batuk rejan), hepatitis B dan infeksi Haemophilus Influenzae tipe B

Pemberian vaksin pentavalen sama dengan vaksin kombo yaitu pada umur bayi 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan untuk imunisasi dasar. Untuk imunisasi lanjutan vaksin pentavalen diberikan pada umur anak paling cepat 18 bulan sampai 3 tahun. Jadi total vaksin pentavalen diberikan sebanyak 4 kali dimana pemberian 1-3 di vastus lateralis (sisi luar paha) kiri-kanan-kiri secara IM (Intra Muskuler). Pemberian ke-4 diberikan di deltoid (lengan kanan atas) secara IM.

Kapolsek Kepulauan Seribu AKP Fredy Yudha Satria memberikan tanggapannya soal giat Imunisasi ini “Vaksin pentavalen tergolong program imunisasi dasar pemerintah dimana wajib diberikan kepada semua bayi di Indonesia sesuai usia. Vaksin disediakan oleh pemerintah dan diberikan melalui puskesmas, posyandu, dokter praktek, bidan, dan sarana kesehatan lainnya.” Ujar AKP Fredy

(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)