Monitoring Awal Masuk Sekolah Dan Tahun Ajaran Baru, Polsek Kepulauan Seribu Pastikan Tidak Ada Acara MOS di Wilayahnya

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0

Polreskepulauanseribu.com - Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Polres Kepulauan Seribu Bripka Sidik monitoring giat hari pertama pelajar di MAN 1 Kampus Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara, Senin (18/07). 

Giat monitoring tersebut dimaksudkan untuk memantau kegiatan hari pertama pelajar MAN 1 Kampus Pulau Harapan terutama untuk pelajar tahun ajaran baru. Bripka Sidik melakukan pengecekan terhadap kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) kepada para pelajar baru apakah mengandung unsur kekerasan dan perploncoan atau tidak.

Seperti diketahui bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan resmi melarang Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang dilakukan oleh pelajar. Mos yang dilakukan oleh pelajar senior terhadap adik kelasnya yang baru masuk sekolahnya biasanya mengandung unsur kekerasan dan bullying. 

Keputusan tersebut ditetapkan di Permendikbud no 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah yang salah satunya menyebutkan bahwa kegiatan PLS hanya boleh dilakukan oleh pihak guru bukan pelajar senior. Keputusan tersebut diambil mengingat banyaknya kasus kekerasan terhadap pelajar baru saat mengikuti acara MOS. Bahkan ada beberapa siswa yang dilaporkan meninggal saat mengikuti acara MOS.

“Di MAN 1 Kampus Pulau Harapan ini tidak mengadakan acara MOS namun tetap melakukan PLS yang dilakukan oleh guru – guru dan Kepala Sekolah.” Jelas Sidik.

Menurut Sidik PLS yang dilakukan murni pengenalan terhadap lingkungan sekolah seperti mengenal sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, mengenal setiap guru yang mengajar disekolah, sambutan dari Kepala Sekolah, mengetahui kurikulum yang diajarkan di sekolah dan masih banyak lagi.

“Saya tida menemukan adanya unsur kekerasan ataupun bullyng dalam PLS di MAN 1 Pulau Harapan ini. Semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun.” Jelas Sidik.

(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)