Inilah Kegiatan Polisi Pantai Polres Kepulauan Seribu Pada Saat Memberikan Pelayanan Terhadap Wisatawan

Ferry
0
polreskepulauanseribu.com - Wilayah geografis Polres Kepulauan Seribu merupakan wilayah yang sebagian besar adalah laut dan pulau-pulau dengan pantainya yang indah, sehingga wisatawan dari daerah mana pun selalu memadati pantai di kepulauan seribu. 

Oleh sebab itu untuk memberikan pelayanan terhadap wisatawan, Kapolres Kepulauan Seribu Ajun Komisaris Besar Polisi John Weynart Hutagalung Sik, mempunya terobosan baru dengan membentuk Polisi Pantai yang ditempatkan di Pulau-Pulau resort dan pemukiman yang sering dikunjungi wisatawan.

Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu yang memimpin Polisi Pantai mengatakan "Tugas Polisi Pantai pada umumnya sama dengan tugas Polisi lainnya, hanya saja yang membedakan adalah mereka diberikan pelatihan khusus dan tugas khusus seperti menjaga Pulau-Pulau resort maupun Pulau-Pulau yang sering dikunjungi wisatawan untuk memberikan pelayanan dan pertolongan apabila ada wisatawan yang membutuhkan serta memberikan rasa aman kepada setiap pengunjung" katanya.

Untuk memberikan pelayanan dan pertolongan yang maksimal, Kapores Kepulauan Seribu memberikan pelatihan atau bekal kepada Polisi Pantai, seperti bagaimana cara menolong orang tenggelam dan teknik memberikan pertolongan pertama bagi korban tenggelam. 

Berikut kegiatan Polisi Pantai pada saat hari liburan atau weekend:
1. Memberikan pelayanan kepada wisatawan. Dengan adanya Polisi Pantai dilapangan wisatawan merasa aman dan nyaman serta merasa terlayani.
2. Menjadi informan dalam hal Polisi Pantai yang ada dilapangan dapat menjadi pusat informasi bagi wisatawan yang membutuhkan informasi spot-spot wisata.
3. Membantu menurunkan wisatawan yang baru tiba di dermaga pulau.
4. Membantu pengaturan arus balik. Polisi Pantai juga membantu pengunjung atau wisatawan yang akan naik kapal atau perahu.
5. Menjadi tour guade. Dapat membatu menunjukan tempat-tempat yang akan dituju wisatawan.
6. Guade yang artinya bisa menjadi penolong bagi wisatawan yang membutuhkan pertolongan, seperti orang tenggelam dengan memberikan pertolongan pertama.
Itulah sekilas kegiatan Polisi Pantai pada saat weekend atau pun hari libur.

"Pengalaman saya menjadi polisi pantai sampai dengan saat ini, banyak masyarakat maupun pengunjung yang memberikan respon positif, selain penampilannya yang berbeda, mereka pun terasa terlindungi dan terayomi dengan keberadaan Polisi Pantai di lapangan". Ujar Vaisal yang merupakan salah satu anggota Polisi Pantai, Minggu (07/08).

(Humas KSS)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)