Berawal Sosialisasi Penyakit Masyarakat, Kelurahan P. Untung Jawa Dan Polsek Kep Seribu Selatan Bentuk Tim Saber Paslukah

Polsek Kepulauan Seribu Utara
0

Polreskepulauanseribu.com - Dikhawatirkan wilayahnya dijadikan sebagai tempat asusila oleh pasangan diluar nikah, Polsek Kepulauan Seribu Selatan dipimpin Kapolsek AKP Bambang Budi Hastono, SE menggelar Sosialisasi Penyakit Masyarakat di Ruang Pola Kantor Kelurahan Pulau Untung Jawa yang dihadiri Lurah Pulau Untung Jawa Ade Slamet, Karang Taruna Pulau Untung Jawa, Pemilik Homestay, Ketua RT/RW, Tokoh Agama dan Tokoh Masyaraka, Senin (30/10) 

Untuk menjaga kearifan lokal dan mencegah perbuatan asusila Polsek Kepulauan Seribu Selatan Bersama Kelurahan Pulau Untung Jawa membentuk tim khusus, Tim ini diberi nama paguyuban Sapu Bersih Pasangan Diluar Nikah (Saber Paslukah) dengan anggota seluruh masyarakat yang ada di wilayah tersebut.


Lurah Pulau Untung Jawa, Ade Selamat mengakui saat ini wilayahnya membentuk paguyuban Saber Paslukah. Menurutnya, pembentukan ini berdasarkan banyaknya pengaduan masyarakat tentang seringnya pasangan diluar nikah masuk homstay dan respon masyarakat, dengan tujuan mencegah dan memberantas penyakit masyarakat.

“Dibantu Pihak Kepolisian Khususnya Polsek Kepulauan Seribu Selatan Anggota Saber Paslukah ini beranggotakan mulai warga RT/RW, LMK, FKDM, LPM, Karang Taruna, Pokdarwis, dan tokoh masyarakat. "Kami berharap dengan adanya tim ini kedepan wilayah Pulau Untung Jawa benar-benar terhindar dari adanya perbuatan asusila,”terang Ade Selamat.


Tim ini dibagi menjadi tiga kelompok dan setiap kelompok itu beranggotakan sebanyak 35 orang. Setiap kelompok melakukan ronda atau keliling wilayah dalam satu minggu empat kali.

Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu AKP Bambang Budi Hastono, SE mengatakan, Pembentukan tim khusus ini dilakukan mengingat saat ini Pulau Untung Jawa sebagai daerah wisata dan dampak meningkatnya kunjungan wisatawan. Tentu hal ini tidak terlepas dari yang namanya penyakit masyarakat.


“Saat ini Kepulauan Seribu sudah menjadi kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Oleh karena itu, kearifan lokal pulau ini dan adat timur kita harus terus dijaga dan dipertahankan. Makanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kita bentuk tim seperti ini, tidak menutup kemungkinan wilayah lain akan menyusul pembentukan Tim Saber Paslukah”terangnya.

Selain itu dengan adanya pembentukan ini dirinya juga berharap kedepan tidak ada yang melanggar norma dan adat. Jika hal ini tetap dilakukan pihaknya tidak segan-segan untuk memulangkan pelakunya.

Untuk itu dirinya melalui Kapolsubsektor dan Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa telah memasang/menempelkan himbauan di tempat fasilitas umum dan pintuipintu Homestay serta menghimbau kepada para pengunjung untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar. Apabila ini tetap dilakukan pihaknya bersama warga tidak segan-segan mengambil tindakan.

(Humas Res KS)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)