Headlines News :
Home » , , , » Bhabinkamtibmas Pulau Terluar Dampingi Petugas Kesehatan Lakukan Pengambilan Sampel Darah

Bhabinkamtibmas Pulau Terluar Dampingi Petugas Kesehatan Lakukan Pengambilan Sampel Darah

Written By Ryan Luthfiansyah on Tuesday, November 14, 2017 | Tuesday, November 14, 2017




polreskepulauanseribu.com - Banyak terjadi fenomena kasus penyakit malaria di berbagai negara di dunia. Dilansir dari wikipedia.id, malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain. Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamnuk Anopheles betina yang terinfeksi. Gigitan nyamuk memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang.Malaria menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala.

Mengetahui hal tersebut petugas kesehatan Pulau Sebira yang merupakan pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung, mengadakan pengambilan sempel darah terhadap warga. Dengan diadakannya kegiatan ini, Bhabinkamtibmas Pulau Sebira, Polsek Kepulauan Serbu Utara, Polres Kepulauan Seribu, Brigadir Irfan Sofyan melakukan pemantauan terhadap kegiatan tersebut, Minggu, (12/11/2017). Kegiatan pengambilan sempel darah dilakukan dengan cara mengunjungi masing-masing rumah warga untuk diambil sempel darahnya.

"Kegiatan ini dilakukan guna pencegah terhadap penyebaran virus malaria di wilayah Pulau Sebira, Kepulauan Seribu Utara. Kami mengambil sempel darah untuk dilakukan pengecekan ada atau tidaknya warga yang terinfeksi virus malaria." Ujar Khusnul selaku petugas kesehatan Pulau Sebira.


"Gejala yang dialami jika seseorang terjangkit virus malaria biasanya menyebabkan demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Penyebaran virus ini dapat dicegah dengan cara deteksi dini seperti pengecakan sempel darah. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara menghambat perkembangbiakan nyamuk. Hal ini dapat dilakukan dengan cara rutin menguras menutup bak mandi agar genangan air tidak dijadikan nyamuk sebagai tempat bertelur. Hindari juga perilaku menggantung banyak pakaian karena pakaian yang menggantung dapat mengundang kehadiran nyamuk." Pungkasnya.

Saat melakukan pemantauan kegiatan pengambilan sempel darah, Brigadir Irfan menghimbau kepada petugas kesehatan agar melakukan kegiatan tersebut dengan hati-hati dan menggunakan alat-alat yang steril. Ia menambahkan, jika hasil uji laboratorium menerangkan bahwa ada warga yang diduga terinfeksi virus malaria, segera lakukan koordinasi dengan instansi terkait dan Bhabinkamtibmas agar dilakukan tindakan kesehatan lebih lanjut terhadap warga yang diduga terinfeksi virus tersebut.

(Humas Polres Kep. Seribu)
Share this post :

Post a Comment

 
POLRES KEPULAUAN SERIBU
Kantor : Gedung Marina Ancol Jakarta Utara
Kantor 2 : Pulau Karya Kab Adm Kepulauan Seribu
Kantor 3 : Jalan Baru No 11 Cilincing Jakarta Utara
Copyright © 2013 - 2017. Polres Kepulauan Seribu - All Rights Reserved