Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Monitoring Giat Keliling Tujuh Bulan Safar

dhidie27
0

polreskepulauanseribu.com – Bhabinkamtibmas Pulau Harapan, Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu, Bripka Sidik mengikuti giat masyarakat Keliling Tujuh Bulan Safar yang diselenggarakan di wilayah Pulau Harapan. Kepulauan Seribu Utara, Rabu (25/10).

Keliling Tujuh Bulan Safar merupakan tradisi keagamaan yang dilaksanakan oleh warga Pulau Harapan setiap bulan Safar. Giat tersebut dilakukan untuk berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari marabahaya dan juga nasib buruk.


Menurut bahasa Safar berarti kosong, ada pula yang mengartikannya kuning. Sebab dinamakan Safar, karena kebiasaan orang-orang Arab zaman dulu meninggalkan tempat kediaman atau rumah mereka (sehingga kosong) untuk berperang ataupun bepergian jauh. Ada pula yang menyatakan bahwa nama Safar diambil dari nama suatu jenis penyakit sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang Arab jahiliyah pada masa dulu, yakni penyakit safar yang bersarang di dalam perut, akibat dari adanya sejenis ulat besar yang sangat berbahaya. Itulah sebabnya mereka menganggap bulan Safar sebagai bulan yang penuh dengan kejelekan. Pendapat lain menyatakan bahwa Safar adalah sejenis angin berhawa panas yang menyerang bagian perut dan mengakibatkan orang yang terkena menjadi sakit.


“Warga Pulau Harapan melakukan giat berkeliling kampung sembari bersalawatan dan juga berdoa bersama. Giat ini dilakukan dimalam hari.” Kata Bripka Sidik ketika mengikuti warga berkeliling kampung.






(Humas KSU)

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)