Bripka Suhendi Hadiri Giat Rukyatul Hilal Di Pulau Karya

dhidie27
0

polreskepulauanseribu.com – Bhabinkamtibmas Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Polres Kepulauan Seribu, Bripka Suhendi menghadiri giat Rukyatul Hilal yang diselenggarakan oleh Komunitas Falakiyah Jakarta Islamic Center (KFJIC) Propinsi DKI di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Jumat (26/05).

Rukyatul Hilal adalah adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.


“Dalam giat rukyatul hilal ini telah ditentukan bahwa hari pertama puasa bulan Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 besok. Hal tersebut diperkuat dengan tampaknya hilal pada saat matahari tenggelam.” Ucap Bripka Suhendi menjelaskan.

Hadir dalam giat Rukyatul Hilal adalah Rahmat Jailani Kiki Ketua tim Falakiyah JIC , Lurah pulau panggang  Yulihardi S. Stp, Kasubag Kesra Syaiful, Bhabinkamtibmas Pulau Panggang Bripka Suhendi, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta satpol PP Kelurahan Pulau Panggang.



(Humas KSU)



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)